Pemkot Bekasi Mulai Perbaiki Jalur Mudik

Selasa, 29 Mei 2018 - 16:35 WIB
Pemkot Bekasi Mulai Perbaiki Jalur Mudik
Pemkot Bekasi Mulai Perbaiki Jalur Mudik
A A A
BEKASI - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mulai melakukan perbaikan jalan rusak di jalur mudik wilayah setempat. Rencananya, perbaikan mulai dilakukan dibeberapa ruas jalan dan ditargetkan jalur mudik mulus delapan hari menjelang Lebaran 2018.

Saat ini jalan berlubang itu bisa ditemui di Jalan Chairil Anwar, Bekasi Timur, masih terdapat jalan berlubang. Diameternya variasi mulai dari 10 sampai dengan 15 meter dengan kedalaman hingga lima sentimeter. Jalan berlubang tersebut telah diberi tanda menggunakan cat pilok.

"Beberapa pekan ke depan semua jalur mudik di Kota Bekasi sudah mulus dan bisa dilewati oleh pemudik menuju Pantura (Pantai Utara)," ujar Kabid Bina Marga, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi, Widayat Subroto di Bekasi, Selasa (29/5/2018).

Menurutnya, ada 10 ruas jalan protokol yang dilakukan perbaikan. Apalagi, mayoritas kerusakan karena jalan berlubang, di antaranya di Jalan KH. Noer Alie, Sultan Agung, Sudirman, Juanda, Cut Mutia, M. Hasibuan, Ahmad Yani, Chairil Anwar, Pekayon-Pondok Gede, dan Jalan I Gusti Ngurah Rai.

Adapun untuk jalan yang statusnya milik provinsi seperti Jalan Siliwangi yang menghubungkan antara Cileungsi (Bogor) dengan Bekasi, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat. "Tanggung jawab pemeliharaan jalan provinsi ada di provinsi," katanya.

Broto mengatakan, penyebab munculnya jalan berlubang karena tekanan kendaraan terhadap badan jalan. Bahkan, jalan protokol lebih mudah rusak karena beban dan intensitas kendaraan tinggi. Untuk memperbaiki, pemerintah telah mengalokasikan dana hingga Rp1,6 miliar di anggaran daerah 2018.

Broto mengaku, anggaran sebanyak itu sebenarnya tidak mencukupi untuk memperbaiki jalan berlubang di seluruh wilayah Kota Bekasi. Karena itu, pihaknya memprioritaskan perbaikan di jalan protokol padat kendaraan. "Kami akan usulkan lagi di anggaran perubahan (APBD Perubahan)," ungkapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana mengatakan, ada tiga jalur mudik di wilayahnya. Namun, paling favorit yaitu sepanjang jalur Kalimalang atau Jalan KH Noer Ali mulai dari perbatasan dengan DKI sampai ke Kabupaten Bekasi.

Sedangkan, jalur lain seperti dari Pulogadung-Sultan Agung-Sudirman-Juanda-Pantura. Adapula jalur Cakung-I Gusti Ngurah Rai-Sudirman-Juanda-Pantura, lalu Cileungsi-Siliwangi-Cut Mutia-Pantura. "Kami menyiagakan 500 personil membantu polisi menjaga kelancaran arus mudik," katanya.

Saat ini, kata dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Metro Bekasi Kota untuk mencegah terjadinya kepadatan kendaraan pada arus mudik di Kota Bekasi. "Kalau memang nanti diperlukan, kita akan melakukan rekayasa pada saat lalin mulai crowded," tegasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3745 seconds (0.1#10.140)