Dukung OK Otrip, Organda DKI Enggan di Bawah PT Transjakarta

Kamis, 25 Januari 2018 - 07:25 WIB
Dukung OK Otrip, Organda DKI Enggan di Bawah PT Transjakarta
Dukung OK Otrip, Organda DKI Enggan di Bawah PT Transjakarta
A A A
JAKARTA - Organda DKI Jakarta menyatakan mendukung program OK Otrip yang menjadi kebijakan Gubernur Anies Baswedan dan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno. Namun, Organda enggan bergabung di bawah manajemen PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).

Ketua Organda DKI Jakarta, Shafruhan Sinungan mengatakan, pada prinsipnya Organda mendukung program OK Otrip untuk melayani warga dalam bermobilitas. Namun, Organda enggan bergabung di bawah manajemen PT. Transportasi Jakarta di bawah kepemimpinan Direktur Utama Budi Kaliwono saat ini.

Alasannya, lanjut Shafruhan, manajemen PT Transportasi Jakarta sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) saat ini memposisikan diri seperti perusahaan yang mempekerjakan pengusaha angkot seenaknya. Di mana, pengusaha angkutan umum dipaksa mengikuti manajemen yang jelas merugikan pengusaha.

Salah satunya yakni, penempatan trayek dan penetapan tarif rupiah perkilometer. "PT Transjakarta itu perusahaan daerah bukan regulator. Kok tarif dan trayek seenaknya diputuskan sendiri. Kami jelas tidak mau berada di bawah manajemen mereka," kata Shafruhan kepada wartawan Rabu, 24 Januari 2018 kemarin.( Baca Juga: Baca: Uji Coba OK Otrip, Anies Ingin Masukan dari Berbagai Pihak
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno berterimakasih atas masukan Organda terkait OK Otrip. Menurutnya, teman-teman angkot itu merupakan pengusaha kecil yang harus dibantu untuk meningkatkan penghasilannya.

Sebenarnya, lanjut Sandi, bila bergabung dengan OK Otrip, pendapatan mereka terjamin dan mereka terintegrasi langsung dengan Transjakarta dan moda transportasi yang lain pada satu hari.

"Kita ingin mendorong dialog ini terbuka. Setiap kebijakan itu patut di monitor, dievaluasi dan kalau misalnya perlu dimodifikasi. Jadi kami mengundang masukan semua," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8646 seconds (0.1#10.140)