Anies Integrasikan Seluruh Transportasi Umum di Jakarta Lewat Jak Lingko

Minggu, 19 Desember 2021 - 20:52 WIB
loading...
Anies Integrasikan Seluruh Transportasi Umum di Jakarta Lewat Jak Lingko
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menjajal bus listrik. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jakarta tengah membangun sistem transportasi yang terintegrasi sebagai satu kesatuan. Seluruh moda transportasi umum tersebut bakal diintegrasikan melalui sebuah sistem bernama Jak Lingko .

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan, ketika berbicara mengenai transportasi umum yang terintegrasi, maka harus dibangun sebagai sebuah kesatuan.
Baca juga: Hadiri Pop Art Jakarta, Anies: Bangkitnya Ekonomi Kreatif Setelah Dihantam Pandemi

Jika pemerintah tidak membangun transportasi umum, maka warga akan menyiapkan kendaraan pribadi untuk membantu mobilitasnya. Masalah utamanya adalah kendaraan umum itu berjalan sendiri-sendiri, tidak bekerja sebagai satu kesatuan.

“Kalau dia tidak terintegrasi, maka bagi warga tidak memberikan insentif untuk pakai kendaraan umum. Terintegrasi itu dalam aspek apa. Minimal tiga, satu rutenya terintegrasi, dua tiketnya terintegrasi, tiga manajemennya terintegrasi,” ungkap Anies melalui YouTube pribadinya, Minggu (19/12/2021).

Menurut dia, semua transportasi umum di Jakarta akan terintegrasi dengan Jak Lingko. “Ini namanya kartu Jak Lingko. Kartu yang digunakan untuk naik kendaraan umum di Jakarta. Sistemnya adalah yang kita sebut dengan Jak Lingko,” ujarnya.

Apa itu Jak Lingko? “Jak Lingko adalah nama yang kita adopsi untuk memberikan pesan terintegrasi. Jak artinya Jakarta. Lingko ini adalah sebuah nama dari Manggarai, Nusa Tenggara Timur yang di sana digunakan untuk menggambarkan jejaring dalam sistem persawahan di tanah adat Manggarai,” terang Anies.

Jadi, Jak Lingko ini seperti jaring laba-laba sistem persawahan. “Kita adopsi itu dengan makna bahwa jalur-jalur transportasi umum di Jakarta terintegrasi, menggunakan kendaraan umum dari satu tempat ke tempat lainnya tersambungkan. Cukup gunakan kartu ini maka bisa pindah dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa harus repot berpindah dan tanpa harus bayar tambahan,” katanya.
Baca juga: Anies Prioritaskan Bangun Fasilitas Pejalan Kaki untuk Benahi Transportasi

“Jadi, Jak Lingko ini adalah sebuah payung yang menaungi semua transportasi umum di Jakarta. Tadi saya sampaikan, ya fisiknya ya layanannya ya tarifnya ya pembayarannya maupun integrasi data dan informasi,” sambungnya.

Harapannya nanti cukup dengan menggunakan kartu Jak Lingko untuk terintegrasi semua transportasi. “Bahkan, ke depan akan menggunakan digital bisa pakai HP, bisa pakai alat-alat yang lain sebagai alat penandanya,” ujar Anies.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1897 seconds (0.1#10.140)