Anies: Penyandang Disabilitas Tidak Butuh Belas Kasihan

Rabu, 06 Desember 2017 - 19:06 WIB
Anies: Penyandang Disabilitas Tidak Butuh Belas Kasihan
Anies: Penyandang Disabilitas Tidak Butuh Belas Kasihan
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperingati Hari Disabilitas Internasional di Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih milik Dinas Sosial DKI Jakarta, Rabu (6/12/2017). Acara ini dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan diikuti sekitar 400 penyandang disabilitas yang berasal dari panti-panti disabilitas di Jakarta.

Gubernur Anies Baswedan, mengatakan, peringatan Hari Disabilitas Internasional setiap tanggal 3 Desember bertujuan untuk merefleksikan upaya-upaya yang telah dilakukan terhadap penyandang disabilitas.

"Mereka sebenarnya tidak butuh belas kasihan, dan bantuan-bantuan (materi) tapi perlakuan yang setara, kesempatan bekerja, berkarya. Itu harus kita dorong. Jakarta juga harus menjadi kota layak penyandang disabilitas," ucap Anies.

Ia pun mengajak warga agar peduli terhadap penyandang disabilitas. Para penyandang disabilitas juga mesti diajak terlibat dalam kegiatan di masyarakat. "Peringatan ini memiliki pesan bahwa para difabel bukan orang yang memiliki kekurangan tapi kemampuan yang berbeda," ucap Anies.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Masrokhan, mengatakan, Pemprov DKI Jakarta selalu berupaya memberikan perhatian dan pemenuhan hak penyandang disabilitas. Salah satunya dengan mengupayakan setiap fasilitas bangunan dilengkapi aksesbilitas bagi penyandang disabilitas.

"Meskipun kami mengakui bahwa belum semua fasilitas tersebut terpenuhi. Namun upaya itu akan terus-menerus kami lakukan," ujar Masrokhan.

Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta, kata dia, jumlah penyandang disabilitas sebanyak 0,14% dari jumah penduduk Jakarta sebanyak 10,3 juta jiwa. Jadi terdapat sekitar 14.131 jiwa penyandang disabilitas yang ada di Jakarta.

Jumlah itu ditambah 3.054 orang penyandang disabilitas yang berada di panti sosial milik Dinas Sosial DKI Jakarta. Artinya, jumlah tersebut cukup banyak dan perlu mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah daerah.

"Kami meminta kepada gubernur agar ikut serta menggaungkan kesadaran warga terhadap disabilitas agar mereka diperlakukan sama dan diberi kesempatan yang sama," harap Masrokhan.

Dalam acara tersebut, Dinas Sosial DKI Jakarta memberikan apresiasi atas prestasi Atlet Paraplegi dalam Jambore TIK 2017, apresiasi prestasi atlet renang dalam Papernas 2017, dan apresiasi atlet renang NPC Paralimpic Community 2017.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6470 seconds (0.1#10.140)