Hari Pertama Kerja, Anies-Sandi Tunjukkan Keberpihakan pada UMKM

Selasa, 17 Oktober 2017 - 15:08 WIB
Hari Pertama Kerja, Anies-Sandi Tunjukkan Keberpihakan pada UMKM
Hari Pertama Kerja, Anies-Sandi Tunjukkan Keberpihakan pada UMKM
A A A
JAKARTA - Pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno membuktikan komitmen mereka untuk mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di DKI Jakarta. Tak heran apabila di hari pertama bekerja sebagai gubernur dan wakil gubernur, keduanya langsung menyambangi Dinas UMKM DKI Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menegaskan bahwa pembukaan lapangan pekerjaan merupakan program prioritasnya bersama Gubernur Anies Baswedan dalam membangun ibu kota lima tahun ke depan.

"UMKM, kewirausahaan, dan penciptaan lapangan kerja akan jadi program utama Anies- Sandi dalam lima tahun ke depan. Di sini Anies-Sandi akan menunjukkan keberpihakannya pada UMKM," ujar Sandi saat bertandang ke kantor Dinas UMKM DKI Jakarta di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (17/10/2017) siang.

Menurut Sandi, untuk membangun UMKM dan menciptakan lapangan kerja perlu tiga hal. Pertama, peluang pasar harus dihadirkan. Salah satu peluang pasar UMKM yang bisa dimaksimalkan adalah event Asian Games 2016. Kunci kedua, kualitas sumber daya manusia (SDM) sangat mempengaruhi bagaimana sebuah UMKM bisa maju.

"Di sini kami pastikan SDM (UMKM) kita bagus. Ada pasokan teknonologi. Tapi pencatatan pembukuan SDM harus baik biar naik kelas,” katanya.

Adapun kunci ketiga adalah akses permodalan. Jakarta punya PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) sebagai akses permodalan bagi pelaku UMKM. “Kita mau UMKM terdata pergerakannya dalam penciptaan lapangan kerja," tutupnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0684 seconds (0.1#10.140)
pixels