Tingkatkan Minat Baca, Taman Baca Jendela Dunia Diluncurkan di Bantar Gebang

Rabu, 04 Oktober 2017 - 20:44 WIB
Tingkatkan Minat Baca, Taman Baca Jendela Dunia Diluncurkan di Bantar Gebang
Tingkatkan Minat Baca, Taman Baca Jendela Dunia Diluncurkan di Bantar Gebang
A A A
BEKASI - Taman Baca Inovator bersama Arya Noble mendirikan taman baca jendela dunia di SD Dinamika Indonesia, Bantar Gebang, Kota Bekasi. Peluncuran taman baca jendela dunia ini bertujuan untuk membantu program pemerintah dalam peningkatan budaya literasi dan minat baca anak-anak khususnya di daerah pinggir Ibu Kota Jakarta.

Chief Corporate Services Officer Arya Noble Andreas Bayu Aji mengatakan, berdasarkan studi "Most Littered Nation In the World" yang dilakukan Central Connecticut State Univesity pada 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. Indonesia persis berada di bawah Thailand (59) dan di atas Bostwana (61).

Untuk meningkatkan budaya literasi dan minat baca anak-anak di Indonesia ini sekaligus merayakan HUT Arya Noble ke-18, lanjut Andreas, pihaknya berkolaborasi dengan Taman Baca Inovator mendirikan taman baca jendela dunia di SD Dinamika Indonesia Bantar Gebang, Kota Bekasi.

Andreas menuturkan, program taman baca jendela dunia ini merupakan sebuah komitmen dari Arya Noble dibidang pendidikan khususnya untuk membantu program pemerintah dalam peningkatan budaya literasi dan minat baca di Indonesia. "Kita tahu, tingkat literasi di Indonesia masih sangat rendah menurut data statistik UNESCO pada tahun 2012 presentasi minat baca Indonesia sebanyak 0,001%. Hal ini berarti dari 1.000 penduduk hanya satu orang saja yang memiliki minat baca," ujar Andrea di SD Dinamika Indonesia pada Rabu (4/10/2017).

Andreas mengungkapkan, di dalam taman baca ini bukan hanya buku saja yang diberikan, tetapi kita juga buat program-program yang berkaitan dengan peningkatkan budaya literasi dan minat baca anak. "Tahun ini kita targetkan tiga taman baca jendela dunia dulu yang dibangun. Dan akan kita tingkatkan di tahun depan sebanyak lima sampai enam taman baca jendela d," ujarnya.

Ketua Taman Baca Inovator Yessi Chandra mengaku sangat senang dengan sinergi yang dilakukan antara Arya Noble dan Taman Baca Inovator. Yessy meyakini setiap anak-anak Indonesia mempunyai minat baca yang tingggi, tapi mungkin belum tereksplorasi dengan baik.

"Kami hadir sebagai fasilitator kepada anak-anak tersebut untuk membangun kembali semangat membaca mereka dengan berbagai program yang kami hadirkan," ujarnya.

Untuk diketahui taman baca jendela dunia berada di dalam SD Dinamika Indonesia, yang berada di sebelah Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, lebih tepatnya di dekat pos timbang kedua truk sampah area TPST Bantar Gebang, Bekasi.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5351 seconds (0.1#10.140)