Wajib Memiliki Garasi, Efektif Kurangi Mobil di Jalan

Selasa, 12 September 2017 - 06:23 WIB
Wajib Memiliki Garasi, Efektif Kurangi Mobil di Jalan
Wajib Memiliki Garasi, Efektif Kurangi Mobil di Jalan
A A A
JAKARTA - Langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang akan memperketat mobil dengan mewajibkan pemilik memiliki garasi dinilai akan efektif mengurangi peredaran mobil di jalan.

Pengamat Transportasi Universitas Pancasila (UP) Jakarta, Imam Hagni menilai, aturan soal kepemilikan garasi bagi pemilik mobil bertujuan untuk mengurangi jumlah kendaraan.

"Kalau (diparkir) di jalan arteri dan jalan kolektor memang akan ada hambatan (kepadatan) lalu lintas. Karena hambatan itu menyebabkan tersendatnya pergerakan lalu lintas," katanya ketika dihubungi, Senin (11/9/2017).

Namun dia melihat hal itu tidak berdampak pada jalan lingkungan. Artinya akan berbeda dengan jalan arteri atau protokol dengan jalan lingkungan. "Kalau untuk jalan lingkungan tidak terlalu berdampak (macet) menurut saya," tukasnya.

Dia mengaku setuju soal aturan tersebut sepanjang secara teknis berkaitan langsung dengan beban lalu lintas. Namun kalau berkaitan dengan soal kepemilikan kendaraan, dia berpendapat harus dilakukan peninjauan kembali.

"Ya harus dikaji ulang soal pemilikan garasi itu. Tapi kalau memang karena berdampak dengan beban di jalan, saya setuju," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5946 seconds (0.1#10.140)