Dikawal Voorijder, Transjabodetabek Premiun Bertarif Rp20 Ribu

Kamis, 07 September 2017 - 06:01 WIB
Dikawal Voorijder, Transjabodetabek Premiun Bertarif Rp20 Ribu
Dikawal Voorijder, Transjabodetabek Premiun Bertarif Rp20 Ribu
A A A
BEKASI - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan akan melakukan uji coba operasional bus Transjabodetabek Premium dengan rute Mega Mall Bekasi Barat-Plaza Senayan, Jakarta, hari ini (7/9/2017). Uji coba akan dilakukan dua kali yakni pagi hari pada pukul 05.30-06.30 WIB, dan sore hari pada pukul 17.00-19.00 WIB.

Kepala Divisi Humas Perum PPD selaku pengelola Transjabodetabek Premium, Arga Narendra, mengatakan, untuk hari ini ongkos Transjabodetabek Premium masih dipatok di angka Rp15.000. Namun untuk selanjutnya penumpang dikenakan tarif Rp20.000. Tarif ini lebih mahal tiga kali lipat dibanding dengan ongkos bus reguler jurusan Bekasi Barat-Bundaran HI yang sudah beroperasi sebelumnya.

Menurut Arga, tarif Transjabodetabek Premium jurusan Bekasi Barat-Senayan bisa lebih mahal karena jarak tempuhnya lebih panjang dibanding rute Bundaran HI. Bus harus keluar tol Semanggi kemudian menuju Senayan. ”Tarif itu sudah kami beritahukan kepada BPTJ Kemenhub, dan tidak diprotes oleh mereka, karena tarifnya masih wajar,” ungkap Arga.

Selain jarak, fasilitas yang diberikan kepada penumpang juga berbeda dengan bus reguler. Bus Transjabodetabek Premium ini dilengkapi dengan fasilitas free Wi-Fi, reclining seat, seat belt, dan charger. Bahkan bus Transjabodetabek ini akan dikawal oleh motor pengawalan (voorijder) dari Unit PJR Korlantas Mabes Polri.

Arga menyebutkan, perusahaanya menyiapkan dua unit armada Transjabodetabek Premium dalam tahap uji coba hari ini. Namun, jika peminatnya banyak maka secara otomatis pihaknya akan melakukan penambahan dan menyiapkan 50 bus premium.

Dinas Perhubungan Kota Bekasi menyatakan siap membantu uji coba program dari pemerintah pusat tersebut. Halte yang disiapkan ialah di Halte Transjakarta di Jalan Ahmad Yani sebelum masuk Tol Bekasi Barat. (Baca: Transjabodetabek Rute Bekasi Barat-Senayan Diuji Coba Kamis)
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8351 seconds (0.1#10.140)