Transjabodetabek Rute Bekasi Barat-Senayan Diuji Coba Kamis

Rabu, 06 September 2017 - 20:28 WIB
Transjabodetabek Rute Bekasi Barat-Senayan Diuji Coba Kamis
Transjabodetabek Rute Bekasi Barat-Senayan Diuji Coba Kamis
A A A
BEKASI - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan akan melakukan uji coba operasional bus Transjabodetabek Premium dengan rute Mega Mall Bekasi Barat-Plaza Senayan, Jakarta. Uji coba akan dilakukan dua kali yakni pagi hari pada pukul 05.30-06.30 WIB, dan sore hari pada pukul 17.00-19.00 WIB.

”Rute premium tersebut bakal diuji coba besok Kamis (7/9/2017) oleh BPTJ hingga pekan depan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana, Rabu (6/9/2017).

Sebelumnya, BPTJ telah mengoperasikan Transjabodetabek Premium rute Summarecon Mal Bekasi – Bunderan HI. Menurut Yayan, kehadiran Transjabodetabek Premium dilatarbelakangi kemacetan yang terus terjadi di ruas Tol Jakarta-Cikampek, khususnya dari Bekasi hingga Cawang.

Kondisi ini telah berdampak buruk pada terhambatnya arus barang dan penumpang setiap pagi serta sore hari. Kemacetan kini semakin parah karena adanya penyimpitan jalan akibat proyek infrastruktur yang sedang dikebut oleh pemerintah, seperti proyek Light Rail Transit (LRT), Jalan Tol Jakarta-Cikampek, eleveted, dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Kepala Humas Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Handoyono, mengatakan, Transjabodetabek Premium itu akan menggunakan jalan khusus angkutan umum (JKAU) di ruas tol Jakarta – Cikampek dengan menggunakan bahu jalan yang diberi pengerasan jalan.
Untuk alasan teknis ruang JKAU tidak bisa dibatasi dengan pembatas jalan beton. Itu berarti nantinya pembatas jalan hanya berupa marka jalan biasa.

Sementara untuk rute JKAU dari Kota Bekasi, bus akan berhenti menurunkan penumpang di halte Komdak, Polda Metro Jaya, Gelora Bung Karno (GBK), Bundaran Senayan, Plaza Senayan, dan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sebaliknya, kata dia, dari Senayan bus akan masuk pintu Tol Semanggi kemudian keluar Bakasi Barat (Mega Mall).”Dengan menggunakan JKAU, waktu tempuh pada rute tersebut yang tadinya lebih dari 1 jam 45 menit menjadi 1 jam 15 menit,” tukasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4862 seconds (0.1#10.140)