Debat Cagub, KPU DKI Belum Tentukan Moderator

Kamis, 16 Maret 2017 - 17:51 WIB
Debat Cagub, KPU DKI Belum Tentukan Moderator
Debat Cagub, KPU DKI Belum Tentukan Moderator
A A A
JAKARTA - Komisioner KPU DKI Dahlia Umar mengaku, jika pihaknya belum menunjuk dan menetapkan moderator pada debat kandidat putaran kedua.

Namun berdasarkan catatan, ada beberapa wajah yang telah menjadi moderator debat di putaran pertama Pilgub DKI, antara lain Ira Koesno, Tina Talisa dan Eko Prasojo, serta Alfito Deanofa Ginting.

Melihat hal tersebut, Dahlia menilai bahwa moderator dengan kualitas mumpunilah yang bisa menjalankan peran sebagai moderator debat di putaran kedua.

"Kami berharap bagus ya, sebagus putaran pertama kami belum menentukan yang pasti tentu independen, tidak berpihak dan tidak membuat opini," ujarnya di Kantor KPU DKI, Kamis (16/3/2017).

Akan tetapi, Dahlia menyatakan akan lebih baik jika moderator debat diperankan oleh sosok perempuan. Sebab, ia melihat jika sosok perempuan yang menjadi moderator akan membuat keseimbangan di panggung debat nantinya.

"Kami mendorong perempuan yang berpotensi untuk moderator yang betul-betul sudah berpengalaman. Agaknya kami berfikir ini lebih menarik kalau moderatornya perempuan untuk keseimbangan stage, kan paslonnya laki-laki semua," terangnya.

Selain itu, dengan moderator perempuan juga secara langsung melibatkan keterwakilan perempuan dalam event politik.

"Ada keterwakilan perempuan di event politik, ada representasi perempuan. Di putaran kedua tidak ada sosok perempuan pasangan calonnya. Kan jadi bagus masyarakat melihat peran perempuan," ungkapnya.

"Tentu yang punya integritas karena apa yang dibahas panelis ada di otaknya moderator," tambahnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6042 seconds (0.1#10.140)