Sambut Raja Salman, Kebun Raya dan Gerbang Tol Bogor Ditutup

Rabu, 01 Maret 2017 - 04:01 WIB
Sambut Raja Salman, Kebun Raya dan Gerbang Tol Bogor Ditutup
Sambut Raja Salman, Kebun Raya dan Gerbang Tol Bogor Ditutup
A A A
BOGOR - Guna menyambut kunjungan kenegaran Raja Arab Saudi Salman bin Adul Aziz Al-Saud ke Istana Bogor, sejumlah persiapan terus dilakukan pemangku kepentingan terkait. Tanpa terkecuali dengan PT Jasa Marga dan Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Pasalnya, saat Raja Salman ke Bogor agar keamanannya terjamin, PT Jasa Marga selaku pengelola Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) menutup gate atau gerbang keluar Tol Bogor, yang terletak di Baranangsiang. Begitupun dengan Kebun Raya Bogor, terhitung Rabu (1/3/2071) Kebun Raya Bogor sebagai halaman belakang Istana Bogor diwajibkan steril.

Koordinator Pelayanan Kebun Raya Bogor Upun Punijar mengatakan, berdasarkan hasil rapat bersama dengan jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Bogor yang terdiri dari Walikot, Kapolresta Bogor Kota, Pengadilan, Kejaksaan Negeri, Komando Distrik Militer (Kodim) 0606 serta Komando Resort Militer (Korem), diputuskan kebun raya harus steril dari pengunjung selama lima jam.

"Jadi kalau Raja Salman datangnya pukul 13.00 WIB, berarti tutupnya dari pukul 08.00 WIB pagi, jadi sama saja. Jadi untuk besok Kebun Raya Bogor ditutup untuk umum," jelas Upun di Bogor, Selasa 28 Februari 2017.

Upun menyebut, banyak warga yang sebenarnya sudah memesan dan akan datang berwisata pada Rabu (1/3/2017). Namun, pihak Kebun Raya Bogor mau tidak mau harus mendukung penyambutan kedatangan Raja Salman.

"Ya sebenarnya kasihan juga, karena banyak warga yang sudah booking, banyak yang digagalkan. Tapi kami sudah informasikan kepada mereka, beberapa sudah kita hubungi melalui telepon," kata Upun.

Raja Salman dijadwalkan tiba di Indonesia melalui Bandara Halim Perdanakusuma pada Rabu (1/3/2017) siang. Selanjutnya, raja Salman akan melanjutkan perjalanan ke Bogor untuk bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor.

Semenatara itu, Kepala Bagian Operasional Polresta Bogor Kota Kompol Tri Suhartanto menambahkan, saat kedatangan Raja Salman ke Bogor pihaknya menerapkan pengalihan arus untuk mengurangi volume kendaraan, pukul 12.00 hingga 14.00 WIB.

"Pengendara yang mau masuk-keluar Kota Bogor diarahkan melalui Gerbang Tol Sentul (BORR) dan Gerbang Tol Ciawi," katanya.

Sementara, penutupan jalur utama Jalan Pajajaran dan Jalan Ir H Djuanda (seputar Kebun Raya Bogor) akan ditutup kurang lebih 30 menit untuk memastikan rombongan VVIP masuk ke lokasi Istana Presiden lebih dulu.

"Tidak ada penutupan di jalur regular, hanya tol dan jalur utama perlintasan rombongan. Lebih baik, pengendara bepergian bisa mempersiapkan lebih awal ke lokasi sebelum atau sesudah penutupan arus," jelasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5504 seconds (0.1#10.140)