Debat Pilgub DKI Jadi Tantangan Cagub Penantang Incumbent

Jum'at, 27 Januari 2017 - 13:29 WIB
Debat Pilgub DKI Jadi Tantangan Cagub Penantang Incumbent
Debat Pilgub DKI Jadi Tantangan Cagub Penantang Incumbent
A A A
JAKARTA - Debat kandidat Pilgub DKI Jakarta sesi kedua malam nanti akan menjadi tantangan bagi dua pasangan calon penantang calon incumbent untuk lebih bisa menjelaskan program kerja mereka lebih oiriginal.

Pengamat politik dari Lembaga Penelitian Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, pada debat kedua malam nanti tak bisa dipungkiri kalau calon incumbent Ahok-Djarot lebih unggul dari AHY-Sylvi dan Anies-Sandi sebagai penantang. Pasalnya, incumbent sudah melakukan program kerjanya selama menjabat menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur.

"Incumbent lebih menguasai tentang kebijakan, pelayanan publik dan tata ruang kota karena mereka sudah melakukan ini dan itu. Ditambah lagi incumbent punya basic data sehingga lebih mudah meyakinkan publik," kata Pangi pada SINDOnews, Jumat (27/1/2017).

Maka itu, lanjut Pangi, debat kedua ini menjadi tantangan tersediri bagi dua calon penantang. Meski incumbent lebih diunggulkan, dua calon penantang lebih punya kesempatan untuk menjelaskan secara detil program apa saja yang belum pernah dilakukan incumbent dan bakal dilakukan oleh calon penantang.

"Nah ini tantangan bagi dua calon penantang sekaligus peluang. Mereka harus bisa meyakinkan publik akan programnya yang original, bukan KW. Sehingga, tak ada kata-kata incumbent yang mematahkan program mereka dengan mengatakan, apa yang Anda omongkan sudah saya kerjakan," katanya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6274 seconds (0.1#10.140)