Median: Elektabilitas Agus Yudhoyono Mulai Dekati Ahok

Rabu, 05 Oktober 2016 - 15:01 WIB
Median: Elektabilitas Agus Yudhoyono Mulai Dekati Ahok
Median: Elektabilitas Agus Yudhoyono Mulai Dekati Ahok
A A A
JAKARTA - Survei Media Survei Nasional (Median) melakukan survei untuk mengetahui peta kompetisi kandidat usai pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Cagub Agus Harimurti Yudhoyono memiliki tingkat elektabilitas yang mulai mendekati Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Direktur Eksekutif Median Rico Marbun mengatakan, survei dilakukan pada 26 September 2016, persis setelah pendaftaran bakal paslon hingga 1 Oktober 2016. Sampel yang diambil yaitu 500 responden dengan margin of error sebesar kurang lebih 4,4%.

Rico Marbun menjelaskan, hasil survei terkait popularitas dan elektabilitas ketiga paslon ini, nama Agus Yudhoyono menjadi orang yang cukup terkenal pada survei ini.

"Ahok masih menempati peringkat pertama 95,4%. Ketika responden kami tanya apakah pernah mendengar nama ketiga paslon tersebut, keluar lah nama Agus Yudhoyono," ujar Rico di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (5/10/2016).

Anak pertama SBY itu mendapat perhatian 78,4% menempel ketat pada peringkat kedua. Disusul dengan nama Djarot Saiful Hidayat di peringkat ketiga sebesar 76,6%.

"Pak Anies 73,8% dan Pak Sandiaga 70,0% harus bekerja keras. Sementara Bu Sylviana Murni 50,2%," katanya.

Untuk elektabilitas pasangan, hasil survei tidak terlalu jauh angkanya ketika responden ditanya siapa yang akan mereka jadikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI jika Pilgub DKI dilakukan sekarang. Pasangan Ahok-Djarot hanya mendapat 34,2% dan jika dilihat dari aturan daerah kekhususan belum cukup untuk menang satu putaran sehingga dipastikan akan ada dua putaran.

"Sementara Anies-Sandiaga berada di posisi 25,4% dan Agus-Sylviana di posisi 21,0% dan undecided sebesar 19,4%. Jika dilihat hanya berbeda kurang 10% di antara ketiganya," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8674 seconds (0.1#10.140)