Tertib Lalu Lintas, Sopir Taksi Dapat Penghargaan AKUT

Rabu, 21 September 2016 - 01:24 WIB
Tertib Lalu Lintas, Sopir Taksi Dapat Penghargaan AKUT
Tertib Lalu Lintas, Sopir Taksi Dapat Penghargaan AKUT
A A A
JAKARTA - Sopir taksi Blue Bird bernama Muhtamil (47), mendapatkan penghargaan pertama Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT) Nasional 2016 dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) lantaran berlaku tertib dalam berlalu lintas.

Muhtamil tak menyangka mendapatkan penghargaan juara 1 AKUT dari Kemenhub. Sebab, saat diadakannya kontes tersebut, dia hanya mencoba saja bersama delapan temannya yang juga driver Blue Bird, yakni Lutpi, Denny Bambang, Budi Novuzar, Grivin Maukar, Indra Yuda, Dewi Anto, Slamet Aji, dan Rakil.

Dalam kontes tersebut, katanya, terdapat 55 driver yang ikut berkompetisi dari perusahan yang berbeda-beda dengan jumlah 28 provinsi di Indonesia yang disertakan. Adapun ujian yang dihadapi peserta itu berupa ujian tertulis, keselamatan lalin, jasa Raharja, defensif Driving, dan kekompakan.

"Mental dahulu yang utama disiapkan saat ikut kompetisi itu. Kalau penilaiannya saya tidak tahu bagaimana, entah ada jurinya yang menyamar jadi penumpang atau bagaimana. Intinya saya tertib berlalu lintas, lalu terapkan standar pelayan dan komunikasi yang telah ditanamkan Blue Bird kepada saya," katanya di Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Selaku sopir taksi, kata dia, dirinya telah diberikan training untuk selalu melayani penumpangnya dengan baik, memberikan senyuman, salam, bertutur kata sopan, mengingatkan barang bawaan, dan menyampaikan terima kasih pada penumpangnya itu. Dengan begitu, penumpang pun bakal merasa nyaman.

"Semua itu pun harus dimulai dari diri sendiri dahulu. Apa yang saya lakukan tertib berlalu lintas itu, semoga ditiru semua driver. Sehingga Jakarta pun tak seperti sekarang, semrawut karena saling serobot saat berkendara," tuturnya.

Sementara itu, Vice President Operations Blue Bird Group Agus Sulistiyono menerangkan, dalam kompetisi AKUT itu, Blue Bird mengirimkan sembilan drivernya. Selain Muhtamil yang berasal dari Pool Morante, Jakarta Timur, Budi Novizar yang berasal dari Sumatera Barat juga mendapatkan juara harapan 1, sedang juara harapan 2 diperoleh Indra Yuda dari Sumatera Selatan.

Penghargaan pelayanan prima kepada unit pelayanan publik berprestasi 2016 itu diberikan langsung oleh Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto pada Blue Bird Group, dan drivernya..

"Sebelumnya, tahun 2009, 2011, dan 2012 pun kita dapat juga penghargaan AKUT. Tapi itu semua dari Lombok. Baru 2016 ini kami peroleh lagi," jelasnya.

Dia pun berharap, driver yang berprestasi itu menjadi inspirasi bagi semua driver angkutan umum, khususnya di Jakarta.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5379 seconds (0.1#10.140)