PKS dan PDIP Intai Bakal Cagub Partai Gerindra

Selasa, 24 Mei 2016 - 06:53 WIB
PKS dan PDIP Intai Bakal Cagub Partai Gerindra
PKS dan PDIP Intai Bakal Cagub Partai Gerindra
A A A
JAKARTA - Tiga bakan calon gubernur DKI Jakarta yang lolos penjaringan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) masuk penerawangan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Alasannya, ketiga bakal calon Partai Gerindra itu memiliki potensi untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta 2017.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Selamat Nurdin. Meski begitu, dia menyarankan, agar Gerindra melakukan koalisi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bila Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) lolos lewat jalur independen di KPUD.

"Kalau mengandalkan individu, tidak akan menang. Harus didukung kekuatan mesin partai," kata Nurdin di Jakarta, Senin 23 Mei 2016.

Sementara, Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Gembong Warsono mengatakan, meski memiliki 28 kursi dan bisa mengusung calon pasangan sendiri, PDIP tidak menutup pintu untuk berkoalisi dengan partai lain, termasuk dengan Gerindra.

Hal itu pun, kata Gembong telah dibuktikan dengan pertemuan DPD PDIP ketika bertemu dengan DPD PKS beberapa waktu lalu. Terpenting, lanjutnya, membangun Jakarta lebih baik itu harus bersama-sama.

"Ketiga bacagub Gerindra bagus. Yusril dan sandiaga masuk penjaringan kami karena telah mendaftar. Sandiaga berpotensi untuk dikawinkan dengan pilihan kami. Tapi kami masih lakukan proses penyaringan. Nanti ada saatnya," kata Gembong.

Koordinator Duta Yusril, Ferry Noor mengatakan, jagoannya masih bisa maju melalui partai lain karena Yusril mendaftar juga di PDIP, Demokrat, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Meski demikian, ia menghormati keputusan Gerindra, yang akhirnya mengusung Sjafrie Sjamsuddien.

"Kami hargai keputusan partai Gerindra. Itu hak mereka," ujarnya. (Baca: Gerindra Umumkan Nama Cagub DKI Setelah Dapat Teman Koalisi)
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0047 seconds (0.1#10.140)