Warga Korban Gusuran Sebut Ahok Antek Cukong

Minggu, 15 Mei 2016 - 17:11 WIB
Warga Korban Gusuran Sebut Ahok Antek Cukong
Warga Korban Gusuran Sebut Ahok Antek Cukong
A A A
JAKARTA - Ribuan warga korban gusuran yang menamakan diri Rakyat Lawan Penggusuran (RLP) menyebutkan kalau Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) itu merupakan antek pengusaha belaka. Melalui Ahok, para pengusaha itu mamaksa penggusuran dilakukan pada warga miskin agar tak mengganggu bisnis mereka.

Ketua Umum Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia (SPRI) Marlo Sitompul mengatakan, gerakan RLP murni muncul akibat adanya kesewenang-wenangan Ahok yang selalu melakukan penggusuran pada kaum miskin masyarakat Jakarta.

"Dalam kongres ini, ada dialog dari perwakilan warga di 33 kelurahan se-DKI, ada kesepakatan akan menggugat Ahok yang menyingkiran hak-hak rakyat miskin," ujarnya pada wartawan di Jembatan Tiga, Penjaringan, Jakut, Minggu (15/5/2016).

Menurutnya, penggusuran yang dilakukan Ahok itu hanya menyengsarakan warga belaka. Termasuk pemindahan warga dari tempat tinggalnya ke rusun-rusun.

Maka itu, kata Marlo, penggusuran yang dilakukan Ahok itu pun terkesan dipaksaan. Padahal, jika memang kebijakan Ahok itu untuk kepentingan rakyat, seharusnya rakyat mendapatkan kehidupan yang lebih baik setelah digusur.

"Jadi, kami menilai penggusuran itu hanya kepentingan cukong dan pengembang property agar mereka nyaman, tak ada lagi perkampungan miskin kumuh yang terlihat di sekitar tempat tinggal mereka, mengganggu pemandangan mereka," tuturnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8128 seconds (0.1#10.140)