Begini Racun Sianida Bereaksi di Tubuh Mirna

Selasa, 02 Februari 2016 - 16:53 WIB
Begini Racun Sianida Bereaksi di Tubuh Mirna
Begini Racun Sianida Bereaksi di Tubuh Mirna
A A A
JAKARTA - Racun sianida seperti yang masuk ke tubuh Wayan Mirna Salihin hanya memerluka waktu 15 detik untuk bereaksi ke tubuh. Sianida pun hanya memerlukan waktu tiga menit untuk memengaruhi frekuensi napas.

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Metro Jaya Kombes Pol Musyafak menerangkan, sianida beraksi di dalam tubuh manusia, termasuk di tubuh Wayan Mirna Salihin hanya membutuhkan waktu selama 15 detik."Dalam 15 detik itu, sianida akan berdifusi dengan jaringan sel-sel tubuh," terang Musyafak pada wartawan di Polda Metro Jaya, Selasa, (2/2/2016).

Musyafak menjelaskan, setelah tiga menit di dalam tubuh, sianida akan memengaruhi frekuensi napas secara cepat dan dangkal. Ini karena reaksi sianida mengakibatkan tubuh memerlukan oksigen (O²) lebih banyak.

Setelah delapan hingga sepuluh menit di dalam tubuh, sianida akan menyebabkan sesorang tak sadarkan diri. Pada fase ini, sianida telah memblokir oksigen di dalam sel-sel tubuh.

Akibat kebutuhan oksigen yang semakin banyak, aktivitas otot jantung akan mengalami gangguan. "Dampaknya bisa kejang sampai koma, otot dan jantung kaku, lalu menyebabkan kematian," jelasnya.

Meski begitu, Musyafak enggan memastikan apakah reaksi per menit yang disebutkan juga terjadi pada peristiwa kematian Mirna.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7416 seconds (0.1#10.140)