Jelang Pilkada Serentak, Polda Gelar Simulasi Pengamanan

Senin, 03 Agustus 2015 - 11:20 WIB
Jelang Pilkada Serentak, Polda Gelar Simulasi Pengamanan
Jelang Pilkada Serentak, Polda Gelar Simulasi Pengamanan
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya menggelar simulasi latihan pengamanan pilkada serentak. Hal tersebut dilakukan untuk pemantauan personel dalam rangka mengamankan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan pada Desember mendatang.

Direktur Sabhara Polda Metro Jaya Kombes Pol Ahmad Subarkah mengatakan, simulasi pengamanan yang dilakukan di lapangan lalu lintas Polda Metro. Latihan pengamanan itu diikuti oleh beberapa kesatuan, seperti Satuan Samapta Bhayangkara (Sat Sabhara), Satuan Pengamanan Objek Vital, dan Brimob.

"Sebelumnya mereka latihan sendiri-sendiri, saat ini latihan bersama untuk memudahkan koordinasi di lapangan nantinya," katanya di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (3/8/2015).

Setelah ini, akan ada apel kasatwil yang akan dihadiri Kapolres, Kapolda dan Karo Ops seluruh Indonesia. Dalam apel tersebut akan dipaparkan masing-masing wilayah terkait pola pengamannya.

Karena setiap wilayah memiliki karakter yang berbeda seperti Polda Metro Jaya, pilkada serentak hanya akan ada di Tangerang Selatan, Bekasi dan Depok.

"Jadi pola pengamannya berbeda dengan pilkada DKI beberapa waktu lalu. Dalam latihan tersebut, pihaknya juga akan mensimulasikan mulai dari pengawalan kertas suara, mulai dari percetakan hinggaa dibawa ke KPU," tuturnya.

Untuk personel yang diturunkan sebanyak 543. Ratusan personel itu terdiri dari Polsek, Polres, Polda, Mabes Polri, dan Polisi Satwa.

"Kalau personel tetap tergantung karakter wilayah, kalau masuk kategori rawan bisa saja ada penambahana personel," tegasnya.

Pelaksanaan simulasi pengamanan tersebut juga akan dilaksanakan lagi pada tanggal 11-12 Agustus mendatang. Untuk penindakan massa anarkis, kata dia, Polda Metro mengingatkan personel tidak bisa seenaknya bertindak karena semuanya ada tahapannya.

"Jadi sebelum mengambil tindakan. Tegas ada tahapannya. Mulai dari negosiasi, pemberian peringatan hingga tindakan tegas," tukasnya.

Diharapkan, anggota di lapangan bisa menerapkan dan tidak terpancing emosi dari massa anarkis.

PILIHAN:

Polisi Lakukan Simulasi Pengamanan Pemilu di MK


Ada Simulasi Pengamanan Pemilu, Hindari Jalan Thamrin
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5706 seconds (0.1#10.140)