Pesta Buku 2015 di Senayan Berlangsung Semrawut

Senin, 27 Juli 2015 - 17:19 WIB
Pesta Buku 2015 di Senayan Berlangsung Semrawut
Pesta Buku 2015 di Senayan Berlangsung Semrawut
A A A
JAKARTA - Pesta buku dan Pendidikan Jakarta 2015 atau Jakarta Book and Education Fair 2015 di Senayan, Jakarta, berlangsung semrawut. Pameran lebih seperti pasar malam yang banyak menjual tas dan sepatu.

Berdasarkan pengamatan langsung di lokasi, tampak ribuan warga Jakarta, menghadiri pameran. Namun mereka bukan ingin membeli buku bacaan, melainkan untuk membeli sepatu dan tas murah.

"Saya dapat undangan dari sekolah ke sini buat beli sepatu, tas, dan alat tulis murah," ujar Alfi, salah seorang warga Jakarta yang datang ke pameran, Senin (27/7/2015).

Ditambahkan Alfi, sebelumnya dia tidak pernah datang ke pameran buku. Tahun ini adalah pertama kalinya datang ke pesta tahunan itu. Alfi datang ke pameran bersama anaknya yang masih menggunakan seragam putih merah Sekokah Dasar (SD).

Selain Alfi, masih ada ribuan orangtua lainnya yang datang ke sini dan membawa anak-anaknya. Rata-rata mereka datang masih memakai seragam sekolah dan rombongan dari sekolah asalnya.

Sementara itu, salah seorang penjual buku dari stand Yayasan Pustaka Obor Indonesia (YOI) yang enggan menyebutkan namanya mengatakan, pameran buku Jakarta tahun ini sangat kacau.

Penyebabnya adalah digabungnya stand pameran buku dengan sepatu dan tas. Sehingga sasaran pemerintah untuk menumbuhkan minat baca masyarakat dengan buku-buku murah tidak tercapai.

"Kacau mas. Dengan digabungnya stand buku dengan tas dan sepatu anak, banyak pengunjung yang hanya melewati stand buku dan sibuk memilih sepatu dan tas murah," katanya.

Terpisah, salah seorang panitia pameran menyatakan, peserta pameran tahun ini memang difokuskan pada jualan tas dan sepatu murah, serta alat tulis. Sedangkan untuk buku hanya 30%.

Berdasarkan pengamatan langsung di lokasi, tampam ribuan warga Jakarta menyerbu stand jualan sepatu dan buku murah. Sedang stand buku tampak sepi peminat, hanya dilewati sepintas lalu.

PILIHAN:


Pesta Buku, Pemegang KJP Naik Bus Transjakarta Gratis
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9773 seconds (0.1#10.140)
pixels