Kabel Dicuri, PLN Sawangan Padamkan Listrik

Minggu, 22 Februari 2015 - 22:21 WIB
Kabel Dicuri, PLN Sawangan Padamkan Listrik
Kabel Dicuri, PLN Sawangan Padamkan Listrik
A A A
DEPOK - Kabel Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang berada di Kampung Jati, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, dicuri. Akibatnya, aliran listrik di wilayah itu sering mengalami pemadaman.

Manager PLN rayon Sawangan Yuli Adi Nugroho mengatakan, pelaku spesialis pencuri kabel listrik biasanya mematikan listrik sebelum mencuri. Sehingga terkesan terjadi kerusakan jaringan PLN. Ketika diperiksa, pihak PLN mendapati adanya kabel yang dicuri.

"Caranya dipotong oleh para pelaku, yang hingga saat ini pelakunya belum tertangkap," kata Yuli di Depok, Minggu (22/2/2015).

Pencurian kabel atau trafo biasanya terjadi di lokasi sepi. Lokasi ini tidak terpantau oleh masyarakat, sehingga pelaku leluasa mencuri.

"Kerugian kami hingga ratusan juta. Karena tidak bisa memasok aliran listrik kepada para konsumen," ujarnya.

Diduga, pelaku sudah memahami lokasi sekitar. Karena, mereka mengerti masalah instalasi kelistrikan.

"Setiap gardu, trafo atau kabel PLN pengamanannya sudah sesuai dengan standar operasional. Namun kami akan meningkatkannya sehingga tidak bisa dicuri oleh para pelaku," katanya.

Sebagai langkah mengantisipasi aksi pencurian kabel PLN, kata dia, pihaknya menurunkan tim atau supervisor untuk mencari para pelaku pencurian kabel PLN ini. Bahkan PLN berjanji akan memberikan reward yang layak kepada masyarakat jika melihat atau menangkap pelaku pencurian.

"Kami juga akan berkomunikasi dengan warga setempat untuk bersama sama PLN agar menjaga setiap sarana, dan prasarana PLN yang ada di wilayahnya masing-masing," katanya.

Dia mengimbau agar masyarakat agar melaporkan ke PLN melalui call center 022-123 jika ada gerak-gerik yang mencurigakan.

PLN rayon Sawangan memiliki sekitar 703 gardu yang bertugas mensuplai jaringan aliran listrik ke 145.000 konsumen yang ada di wilayah seperti Bojongsari, Tangerang Selatan, Ciseeng, Telaga Kahuripan, Limo, Sasak Panjang Bojong Gede, dan wilayah lainnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8749 seconds (0.1#10.140)