TPST Bantar Gebang Hasilkan Listrik 10 Megawatt/hour

Minggu, 25 Januari 2015 - 06:30 WIB
TPST Bantar Gebang Hasilkan Listrik 10 Megawatt/hour
TPST Bantar Gebang Hasilkan Listrik 10 Megawatt/hour
A A A
BEKASI - Seiring berjalannya waktu TPTS Bantar Gebang perlahan tak lagi mengeluarkan bau tak sedap yang menyengat hidup. Teknologi canggih yang dipergunakan pengelola TPST Bantar Gebang kini mampu menghasilkan listri dari sampah.

Juru bicara PT Godang Tua Jaya selaku pengelola TPST Bantar Gebang Linggom FL Toruan menegaskan, pengelolaan sampah di TPST Bantar Gebang masih menggunakan sanitary landfill.

Namun, lanjut dia, TPST Bantar Gebang kini tidak lagi mengeluarkan bau tak sedap.

"Sudah tidak bau kok di sini (TPST Bantar Gebang). Bahkan, sekarang kita bisa menghasilkan listri 10 megawatt/hour," ujar Linggom saat dihubungi Sindonews, Sabtu 24 Januari kemarin.

Menurut Linggom, proses sampah menjadi energi listrik membutuhkan gas metan dari gunungan sampah yang ada di zona-zona TPST Bantar Gebang.

Gas metan yang ada digunungan sampah itu lah ditarik menggunakan pipa panjang ke flaring area menggunakan fan (kipas angin).

Di flaring area ini lah, gas metan yang telah ditarik tersebut didistribusikan untuk flaring (pembakaran gas metan) dan gas engine hingga akhirnya menjadi listrik.

Stigma TPST Bantar Gebang sebagai tempat yang sangayang dulu dikenal sebagai tempat
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5329 seconds (0.1#10.140)