Depok Belum Mampu Kelola Situ Jadi Destinasi Wisata

Senin, 17 November 2014 - 23:21 WIB
Depok Belum Mampu Kelola Situ Jadi Destinasi Wisata
Depok Belum Mampu Kelola Situ Jadi Destinasi Wisata
A A A
DEPOK - Tidak maksimalnya pengelolaan sejumlah situ di Depok membuat situ belum dilirik menjadi destinasi wisata murah bagi masyarakat.

Padahal, situ berpotensi sebagai wahana wisata air dan menjadi salah satu pendapatan daerah bila dikelola dengan maksimal.

Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Seni dan Budaya (Disporasenbud) Kota Depok Suparjono mengakui pengelolaan situ saat ini belum maksimal.

Namun, instansinya akan tetap melakukan peningkatan objek wisata situ setiap tahunn.

Tahun depan, lanjut Suparjono, akan dilakukan pengembangan Situ Sawangan yang menjadi satu dengan Bojongsari.

Saat ini Pemkot Depok sudah mengelola delapan situ yakni, Situ Pengasinan, Sawangan, Pulo Asih, Citayem, Cilodong, Jatijajar, Pedongkelan, Harjamukti dan Rawa Besar.

"Satu persatu situ itu akan dikelola menjadi objek wisata yang mendatangkan pemasukan daerah," kata Suparjono, Senin (17/11/2014).

Dikatakan dia, sebelumnya Depok mempunyai konsep wisata terapung yang berada di Situ Rawa Besar di Kelurahan Depok, Pancoran Mas.

Namun, rencana tersebut urung direalisasikan karena keadaan Situ Rawa Besar yang sudah semakin sempit karena banyak bangunan.

"Sulit untuk terealisasi saat ini untuk pembangunan wisata terapung di situ tersebut karena keadaannya saat ini," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3589 seconds (0.1#10.140)