Soal Monorel Bekasi-Cawang, DKI Ditawari Investasi

Kamis, 30 Oktober 2014 - 12:22 WIB
Soal Monorel Bekasi-Cawang, DKI Ditawari Investasi
Soal Monorel Bekasi-Cawang, DKI Ditawari Investasi
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI ditawari untuk berinvestasi dalam pembangunan monorel Bekasi-Cawang yang digarap BUMN PT Adhi Karya.

"Kemarin saya ketemu sama Adhi Karya soal monorel. Dia tawarkan Pemprov DKI investasi disitu. Tapi kami tolak," ujar Plt Gubernur DKI Basuki T Purnama di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (30/10/2014).

Penolakan ini menurut Ahok karena dirinya menginginkan peluang investor atau pihak ketiga yang berkecimpung dalam bidang properti yang membangun monorel.

"Saya memang bilang nggak tertarik kami investasi di situ. Kita maunya lebih cenderung yang properti yang bangun," pungkasnya.

Seperti diketahui, PT Adhi Karya akan fokus membangun tiga koridor yang menurut analisa Adhi Karya paling membutuhkan angkutan massal. Ketiga rute tersebut adalah Bekasi-Cawang, Cibubur-Cawang, dan Cawang-Kuningan.

Dari hasil kajian tersebut, ditemukan 67 persen kemacetan di Jakarta bermuara dari arus lalu lintas Cikampek, Bekasi hingga ke Cawang. Kemudian dari tol Jagorawi hingga ke Jakarta.

Atas dasar kajian tersebut, PT Adhi Karya berencana membangun monorel dengan rute Kuningan-Cawang-Bekasi Timur dan Cawang-Cibubur sepanjang 52 km, yang diproyeksikan memerlukan dana sebesar Rp 8,4 triliun.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7676 seconds (0.1#10.140)