Pengamat: E-Ticketing Lebih Memudahkan Masyarakat

Sabtu, 19 Juli 2014 - 15:04 WIB
Pengamat: E-Ticketing Lebih Memudahkan Masyarakat
Pengamat: E-Ticketing Lebih Memudahkan Masyarakat
A A A
JAKARTA - Penerapan e-ticketing pada bus Transjakarta dinilai akan lebih memudahkan pengguna angkutan umum. Apalagi, jika e-ticketing tersebut akan terintegrasi dengan KRL.

"Sangat bagus, KRL kan sudah seperti itu, jika bisa dilakukan di Transjakarta maka tidak beredar lagi uang di bus, jadi satu kartu bisa dipakai di Transjakarta bisa juga di KRL, lebih memudahkan bagi masyarakat saya kira," ujar Pengamat Transportasi Universitasa Indonesia, Ellen Tangkudung saat dihubungi Sindonews, Sabtu (19/7/2014).

Ellen juga menambahkan selain dengan minimnya uang beredar akan mereduksi indikasi permainan kecurangan jika uang masih beredar.

"Sebenarnya dari tahun 2004 memang Transjakarta kita sudah siap dengan e-ticketing cuman memang masih perlu teknologi yang lebih, tapi teknologi menurut saya hanya bagian kecil saja. Saya rasa Transjakarta siap," tukasnya.

Namun saat ditanya bagaimana dengan APTB, BKTB, dan Kopaja AC yang tidak memiliki harga yang sama dengan Transjakarta, dan sampai saat ini masih menggunakan tiket kertas, Ellen perlu ada perbincangan lebih lanjut dan janganlah membuat masyarakat menjadi repot dan bingung.

"Jika memang mau menerapkan e-ticketing maka kata kuncinya adalah tidak ada uang yang beredar lagi di bus Transjakarta begitupula APTB, BKTB, dan lainnya. Jadi jangan mau jalurnya saja tapi sistemnya harus ikut juga," tukasnya.

Ellen menegaskan hal ini harus diselesaikan oleh Pemda DKI dalam hal ini yang terkait dengan transportasi, jadi tidak membuat masyarakat bingung.

"Jadi jangan bikin masyarakat yang bingung, tapi diselesaikan oleh Pemda DKI bagaimana baiknya," tukasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4803 seconds (0.1#10.140)