Pelecehan seksual & pencabulan dominan di Banten

Selasa, 07 Agustus 2012 - 10:01 WIB
Pelecehan seksual & pencabulan dominan di Banten
Pelecehan seksual & pencabulan dominan di Banten
A A A
Sindonews.com - Kasus pelecehan seksual dan pencabulan menjadi kasus yang paling dominan pada kekerasan terhadap anak dan perempuan. Dari 210 kasus kekerasan pada anak dan perempuan di Banten, 70 di antaranya merupakan kasus kekerasan pada anak.

"Laporan yang kami terima, pelecehan seksual dan pencabulan menjadi laporan yang paling tinggi di Banten, dan Kota Serang. Kasusnya untuk kekerasan terhadap anak menjadi kasus terbanyak," kata Wakil Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Provinsi Banten, Yayah Ruhiyah saat dihubungi di Tangerang, Banten, Selasa (7/8/2012).

Yayah mengatakan, tingginya tingkat kekerasan terhadap anak di Kota Serang disebabkan rendahnya tingkat pengetahuan masyarakat, urbanisasi, dan pengaruh globalisasi yang disalahartikan.

"Bila dilihat dari tahun lalu, jumlah kasus kekerasan terhadap anak tahun ini meningkat. Memang pelaporan sangat terbatas karena berkaitan dengan aib, tapi kami tak tinggal diam dan turun kelapangan. Sehingga kini mulai banyak masyarakat yang
sadar, dan melaporkan berbagai kekerasan yang terjadi baik pada anak ataupun perempuan," tegasnya.

Menurutnya, kekerasan terhadap anak banyak dilakukan oleh orang terdekat korban, sehingga pengawasan orangtua terhadap anak perlu diperketat. Dengan begitu diharapkan, bisa menekan tingkat kejahatan yang mungkin terjadi pada anak.
(lil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4802 seconds (0.1#10.140)