Polda Klaim Uji Coba Ganjil Genap Urai Kemacetan

Kamis, 25 Agustus 2016 - 20:45 WIB
Polda Klaim Uji Coba Ganjil Genap Urai Kemacetan
Polda Klaim Uji Coba Ganjil Genap Urai Kemacetan
A A A
JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) dan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan evalusi keseluruhan uji coba sistem ganjil-genap yang akan berakhir Jumat, 26 Agustus 2016 besok.

Kasubdit BinGakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengataan, hasil evaluasi menunjukkan adanya perbaikan dari segi kelancaran lalu lintas hingga kenaikan jumlah penumpang angkutan umum. "Ada beberapa indikator yang menunjukkan perubahan yang lebih baik," kata Budiyanto kepada wartawan Kamis (25/8/2016).

Budiyanto menuturkan, uji coba ganjil-genap sangat efektif mengatasi kemacetan lalu lintas di Jakarta, khususnya di kawasan protokol. Kecepatan kendaraan juga mengalami peningkatan dibanding sebelum diterapkan uji coba.

"Kecepatan kendaraan meningkat 20% dari rata-rata 24,6 km/jam menjadi 28,9 km/jam," tuturnya. Di sisi lain, waktu tempuh perjalanan angkutan massal bus Transjakarta pada koridor diterapkannya ganjil-genap juga mengalami penurunan. Penurunan waktu tempuh bus Transjakarta sekitar 19% dari rata-rata sebelumnya 18 menit menjadi 14,6 menit.

Budiyanto melanjutkan, headway rata-rata bus juga mengalami penurunan terutama di Koridor I dan IX. Di koridor I pada pagi hari dari semula empat menit menjadi dua menit. Untuk Koridor IX pada pagi hari, headway menurun dari 8 menit menjadi 7 menit dan pda sore hari dari 10 menit jadi 8 menit.

Sementara di Koridor VIII yang terletak di jalur alternatif tidak mengalami perubahan. Budiyanto menambahkan, uji coba ganjil-genap ini juga dinilai berhasil meningkatkan jumlah penumpang bus Transjakarta, apabila dibandingkan sebelum uji coba.

"Seperti di Koridor I meningkat sebanyak 32,5%, Koridor VI sebanyak 27,17% dan di Koridor IX meningkat 30,55%," pungkasnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0945 seconds (0.1#10.140)