Pilgub DKI, Pengamat Sarankan Parpol Lakukan Survei

Senin, 25 Juli 2016 - 12:01 WIB
Pilgub DKI, Pengamat Sarankan Parpol Lakukan Survei
Pilgub DKI, Pengamat Sarankan Parpol Lakukan Survei
A A A
JAKARTA - Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Zaki Mubarak menilai, sikap parpol yang belum jelas berakibat para calon penantang Ahok tidak bisa berkonsolidasi dan berkampanye secara optimal, termasuk menggalang dukungan rakyat.

"Itu yang saat ini kendala yang dialami pak Sjafrie, Sandiago, Yusril dan mungkin juga Pak Buwas (Budi Waseso)," kata Zaki saat dihubungi Sindonews, Senin (25/7/2016).

Zaki melanjutkan, parpol penantang Ahok harus sadar bahwa untuk bisa menggerakkan mesin politik dan mendongkrak elektabilitas calon, parpol harus segera mengajukan secara resmi siapa yang akan diusung, sehingga cukup waktu untuk mempersiapkan diri.

Zaki juga menyarankan kepada parpol kontra Ahok untuk segera melakukam survei di lapangan. Ia berharap parpol yang ada tidak terlalu pasrah atas hasil keputusan para ketua umum.

"Saran saya ke PDIP, Gerindra, Demokrat maupun PKB segera lakukan survei di masyarakat mengenai calon potensial yang diajukan untuk Pilkada 2017. Dari survei itu bisa diketahui tingkat elektabilitasnya," katanya.

"Jangan mengajukan calon hanya berdasarkan kedekatan politik, apalagi diserahkan sepenuhnya kepada pimpinan parpol," tutup Zaki.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3615 seconds (0.1#10.140)