DKI Belum Miliki Konsep Pembangunan Eks Lokasi Gusuran Pasar Ikan

Jum'at, 13 Mei 2016 - 06:16 WIB
DKI Belum Miliki Konsep Pembangunan Eks Lokasi Gusuran Pasar Ikan
DKI Belum Miliki Konsep Pembangunan Eks Lokasi Gusuran Pasar Ikan
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta hingga kini belum dapat menemukan rencana pembangunan bekas lahan penggusuran di Kampung Akuarium Pasar Ikan, Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara.

Ketua Fraksi Partai Gerindra Abdul Ghani mengatakan, Pemprov DKI lebih baik menunggu suasana di Kampung Luar Batang kondusif sebelum melakukan tindakan. Apalagi DKI belum memiliki rencana matang untuk merapikan lokasi bekas penggusuran.

Sebaiknya, kata Abdul, Pemprov DKI memberikan rasa simpati kepada warga korban pengusuran yang masih bertahan dengan tenda dan di perahu sambil memikirkan konsep pembangunan di atas lahan kampung Akuarium yang rata dengan tanah.

"Suasanya belum baik, colling down dulu. Kasih mereka bantuan, carikan tempat tinggal layak yang sesuai janji DKI. Mana mau sih orang bertahan di sana kalau ada relokasi rusunawa. Sebentar lagi mau Ramadan, sabar dulu," kata Abdul Ghani saat dihubungi, Kamis 12 Mei 2016 kemarin.

Abdul menjelaskan, dalam pembahasan APBD DKI 2016, rencana penertiban dan pembangunan di lokasi bekas penertiban Pasar Ikan, Luar Batang dan Kalijodo sama sekali tidak pernah diusulkan. Artinya, DKI belum memiliki konsep perencanaan pembangunan di lokasi penertiban.

Berdasarkan informasi, kata Abdul, lokasi penggusuran Pasar Ikan akan dikerjakan oleh pengembang untuk dijadikan taman atau rusunawa. Namun, apabila seperti itu, DKI harus transparansi siapa pengembangnya dan bentuk kerja samanya seperti apa.

"Pemerintah pusat harus bersikap dalam penggusuran yang dilakukan DKI tanpa adanya perencanaan dan lebih memberi kesempatan terhadap pengembang," pungkasnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6733 seconds (0.1#10.140)