BPN Luncurkan Layanan Berbasis Android

Jum'at, 05 Februari 2016 - 22:45 WIB
BPN Luncurkan Layanan Berbasis Android
BPN Luncurkan Layanan Berbasis Android
A A A
JAKARTA - Badan Pertanahan Negara (BPN) Jakarta Barat meluncurkan layanan informasi tanpa batas (lintas). Dalam layanan berbasis android ini, masyarakat bisa langsung berinteraksi dengan pegawai BPN dan mengetahui tahapan proses di lembaga tersebut.

Kepala BPN Jakarta Barat Sumanto mengatakan, dengan aplikasi ini akan membuat pelayanan pihaknya semakin prima. Masyarakat tak perlu lagi datang ke kantor, bila ingin menanyakan persyaratan pengurusan.

"Ini akan mengurangi ongkos dan waktu bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan. Soalnya banyak masyarakat yang datang ke sini hanya untuk bertanya persyaratan. Dengan begitu ongkos dan waktu enggak akan terbuang lagi," kata Sumanto kepada wartawan di Kantor BPN Jakarta Barat, Jumat (5/2/2016).

Sumanto menyakini, pelayanan ini merupakan yang pertama di kantor BPN seantero DKI Jakarta. Karenanya, tak menutup kemungkinan, pelayanan berbasis video call online ini akan diterapkan di seluruh Jabodetabek, bahkan hingga ke daerah.

Terlebih, sistem ini pun tengah dirancang untuk aplikasi Appstore dan BlackBerry sehingga pengguna iPhone, dan BlackBerry bisa mempergunakannya di waktu akan datang. "Sebenarnya kalau untuk pertanyaan standar, kayak bagaimana proses dan persyaratan bisa juga dilakukan pada pelayanan ini," ujar Sumanto.

Hanya saja untuk pengecekan proses, lanjut Sumanto, pelayanan hanya bisa dilakukan setelah masyarakat menyebutkan nomor regristrasi sertifikat tanah, sehingga untuk pelayanan semacam ini, kawasan wilayah Jakarta Barat saja yang hanya bisa ditangani.

Selain melaunching pelayanan Lintas, sebelumnya BPN juga pernah me-launching dua mobil Larasita. Layaknya mobil SIM keliling, dua mobil ini berkeliling di 56 kelurahan se-Jakarta Barat untuk membantu masyarakat yang sibuk, dan tidak memiliki waktu untuk mengurusi sertifikat tanah.

"Kami juga punya pelayanan night service, one day service, maupun car free day untuk pelayanan masyarakat," jelas Sumanto.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4184 seconds (0.1#10.140)