Target Pajak Reklame Bekasi Diturunkan Rp10 Miliar

Jum'at, 04 September 2015 - 12:18 WIB
Target Pajak Reklame Bekasi Diturunkan Rp10 Miliar
Target Pajak Reklame Bekasi Diturunkan Rp10 Miliar
A A A
BEKASI - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi bakal menurunkan target pendapatan pajak reklame sebesar Rp10 miliar pada APBD Perubahan 2015. Ini dikarenakan target pendapatan pajak reklame meleset.

Dengan turunnya target tersebut, maka pajak reklame pada APBD Perubahan 2015 Kota Bekasi menjadi Rp55 miliar. Penurunan targetan itu saat ini masih dalam pembahasan Rapat Badan Anggaran (Banggar) dengan Dinas Pertamanan, Pemakaman dan Penerangan Jalan Umum (DP3JU) Kota Bekasi.

”Target pajak reklame terpaksa harus direvisi karena diyakini tak akan mampu memenuhi target yang dipatok semula yakni Rp65 miliar,” kata Ketua Komisi C DPRD Kota Bekasi Mahrul Falak, Jumat (4/9/2015).

Menurut Mahrul, rencana penurunan ini disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya, Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No 109/2012 tentang pembatasan iklan produk tembakau dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum (Permen PU) No 10 tahun 2010 tentang larangan penggunaan papan reklame di atas trotoar dan median jalan.

”Dengan turunnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika juga memengaruhi pendapatan reklame. Perusahaan cenderung menunda memasang iklannya di reklame, sampai perekonomian membaik,” ujarnya. Selain itu, reklame yang berdiri diatas trotoar akan segera ditertibkan.

Kepala DP3JU Kota Bekasi Karto menambahkan, perolehan pajak reklame saat ini baru mencapai Rp14 miliar dari target yang dipatok. Lantaran sangat jauh dari target yang diharapkan, maka pendapatan pajak dari sektor reklame harus direvisi.

Karto optimis pajak reklame akan merangkak naik hingga akhir tahun. Sebab berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, perusahaan mulai kembali memasangkan iklan produknya lewat reklame pada triwulan keempat.

”Dari 8.000 papan reklame, ada 200 reklame yang kosong,” ungkapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5527 seconds (0.1#10.140)