Depok Deklarasi Sebagai Kota Ramah Lansia

Sabtu, 30 Mei 2015 - 13:05 WIB
Depok Deklarasi Sebagai Kota Ramah Lansia
Depok Deklarasi Sebagai Kota Ramah Lansia
A A A
DEPOK - Deklarasi Depok sebagai Kota Ramah Lansia mendapat apresiasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Mengingat jumlah penduduk lanjut usia (lansia) saat ini bertumbuh pesat.

Tercatat saat ini jumlah penduduk lanisa di Indonesia mencapai 21.685.400 jiwa (8,5 persen). Dan diperkirakan tahun 2022 mencapai 29.627.300 jiwa (10 persen). Sehingga Indonesia akan memasuki ageing population country (negara berpenduduk tua).

Deputi Bidang Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga Kependudukan (KSPK) BKKBN Sudibyo Alimoeso mengatakan, lansia membutuhkan kota yang menjamin tempat tinggal yang nyaman, akses, berpihak pada perlindungan dan hak lansia.

Konsep age friendly city, kota yang ramah bagi semua usia di beberapa negara dimulai dengan membuat panduan yang berkaitan dengan pembangunan atau renovasi perumahan dan fasilitas perawatan lansia.

"Pemerintah juga berusaha memacu para pengembang atau individu untuk turut serta dalam program ini," katanya dalam acara Gebyar Hari Lanjut Usia Nasional ke-XIX 2015 di Depok, Sabtu (30/5/2015).

KonsepKota Ramah Lansia di Indonesia berkaitan dengan kemudahan dalam penggunaan fasilitas umum, transportasi, keringanan biaya, kemudahan dalam melakukan perjalanan, akses tempat ibadah dan lainnya. "Kota Ramah Lansia juga harus menjamin kemudahan dalam pelayanan publik, khususnya lansia dan jaminan keamanan dari tindak kriminal," ungkapnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5876 seconds (0.1#10.140)