alexametrics

Bike Sharing Disenangi Warga, Jumlah Armada Sepeda Bakal Diperbanyak Lagi

loading...
Bike Sharing Disenangi Warga, Jumlah Armada Sepeda Bakal Diperbanyak Lagi
FOTO/SINDOnews/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Program bike sharing atau berbagi sepeda yang dilakukan Dishub DKI diminati warga. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, warga banyak yang menyambung dengan sepeda setelah turun dari angkutan umum.

"Jadi, orang memang yang tadinya mungkin masih melihat angkutan lanjutan, tapi sekarang dengan adanya bike sharing di titik-titik seperti di kawasan Sudirman-Thamrin, warga itu begitu turun dari MRT atau dari KRL itu langsung gunakan itu," ungkap Kadishub DKI Syafrin Liputo di Jakarta. (Baca juga: 45 Kamera ETLE Segera Diaktifkan Pekan Depan)

Menurut dia, tujuan penyediaan layanan bike sharing agar sepeda dapat menjadi transportasi alternatif dan transportasi lanjutan setelah mereka menggunakan transportasi umum di Jakarta.

"Tujuannya adalah ingin menjadikan sepeda sebagai alat transportasi di last atau first mile-nya warga dalam aktivitas sehari-hari setelah mereka menggunakan transportasi ataupun angkutan umum massal dalam pergerakannya," tandasnya.



Syafrin mengatakan bahwa bike sharing tersebut masih dalam tahap uji coba. Dalam uji coba sebulan ke depan, pihaknya telah menyediakan sebanyak 200 armada sepeda yang tersebar di 9 bike station di wilayah DKI.

"Kita akan evaluasi dan tujuannya kita ingin perbanyak bike station ini di wilayah-wilayah koridor-koridor angkutan umum masal di ibu kota," ungkapnya.



Syafrin mengungkapkan, sepeda gratis ini dapat digunakan oleh siapapun. Syaratnya, warga harus melakukan registrasi melalui aplikasi Gowes terlebih dahulu.

Berikut ada sembilan titik lokasi sementara sepeda gratis di ibu kota:
1. Stasiun MRT Bundaran HI
2. Halte Bus Pelican Crossing Bundaran HI sisi Timur
3. Halte Bus Pelican Crossing Bundaran HI sisi Barat
4. Depan Gedung Sinar Mas.
5. Halte Bus Balaikota Sisi Selatan
6. Stasiun Tanah Abang
7. Wali Kota Jakarta Pusat / Museum Prasasti
8. Gedung Dinas Teknis Abdul Muis
9. Gedung Dinas Teknis Jatibaru.
(nbs)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak