Simak! Angkutan Umum yang Beroperasi di Cibubur

Sabtu, 07 Januari 2023 - 19:39 WIB
loading...
Simak! Angkutan Umum yang Beroperasi di Cibubur
Angkutan umum yang beroperasi di Cibubur tergolong cukup banyak. Maklum, Cibubur merupakan salah satu wilayah Jakarta yang mobilitas masyarakatnya tinggi. Foto: SINDONEWS/Dok
A A A
JAKARTA - Angkutan umum yang beroperasi di Cibubur tergolong cukup banyak. Maklum, Cibubur merupakan salah satu wilayah Jakarta yang mobilitas masyarakatnya tinggi.

Cibubur merupakan salah satu kelurahan di Jakarta Timur. Lokasinya berdekatan dengan wilayah Bekasi, Depok, dan Bogor.

Meskipun hanya wilayah kecil, namun Cibubur memiliki beragam perumahan elite, lengkap dengan pusat perbelanjaan dan tempat makan.



Sebagai lokasi permukiman penduduk dan pusat perbelanjaan, tentu Cibubur perlu ditunjang dengan keberadaan angkutan umum. Lantas apa saja angkutan umum yang beroperasi di Cibubur? Berikut informasinya:

A. Angkutan Kota
Angkutan kota atau angkot merupakan angkutan umum yang masif beroperasi di Cibubur. Terdapat banyak angkot di lebih dari 15 trayek yang bisa digunakan masyarakat sekitar Cibubur.

Angkot-angkot tersebut juga beroperasi di sekitar wilayah Cibubur, seperti Cikeas dan Cileungsi. Beberapa kode trayek angkot beserta rutenya, yakn:
1. K.56, Rute Cileungsi-Trans Yogie-Ciangsana-Nagrag-Cikeas-Cibubur-Tol Jagorawi-UKI Cawang.
2. T.05, Rute Cileungsi-Tol Cimanggis-Cibitung-Tol Jagorawi-Sentul City-Laladon.
3. D.121/121.A, Rute Cileungsi-Trans Yogie-Ciangsana-Nagrag-Cikeas-Cibubur-Tol Jagorawi-Kampung Rambutan.
4. P.01, Rute Cileungsi-Trans Yogie-Ciangsana-Nagrag-Cikeas-Cibubur-Cisalak.
5. P.03, Rute Cileungsi-Mekarsari-Ramanunggal.
6. 121, Rute Kampung Rambutan-Cileungsi.
7. 121A, Rute Cileungsi-Ciangsana.

Tarif yang harus dibayar penumpang berkisar antara Rp2 ribu hingga Rp6 ribu per orang.

B. Metromini dan Bus
Selain angkot, metromini juga melintasi wilayah Cibubur dan sekitarnya. Metromini patas ke arah Pasar Senen akan melewati Cibubur dan masuk ke Tol Jagorawi dan melintasi Cempaka Putih. Tarif yang dipatok untuk penumpang yakni Rp12 ribu per orang.

Terdapat juga Bus Mayasari Bakti AC42A tujuan Tanjung Priok, via Cibubur, Tol Jagorawi, dan Sunter. Penumpang harus membayar tarif sebesar Rp12 ribu per orang. Waktu operasi angkutan umum ini mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB.



Selanjutnya, ada Bus Maya Raya patas tujuan Kalideres. Armada ini melintasi Cibubur, Tol Jagorawi, Slipi, Grogol, hingga Daan Mogot. Tarif yang berlaku sama dengan angkutan bus lain, yakni Rp12 ribu.

Nantinya, masyarakat Cibubur dan sekitarnya juga akan menikmati layanan LRT Jabodetabek dengan rute Cibubur-Cawang. Melansir laman resmi LRT Jabodetabek, trayek ini akan melalui 4 stasiun, yakni TMII, Kambung Rambutan, Ciracas, dan Harjamukti Cibubur dengan panjang lintasan 14,5 km. Rencananya, angkutan publik ini akan beroperasi pada Juni 2023.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)