PIK 2 Panen Raya Perdana Budidaya Ikan Bawal di Taman Edukasi Pangkalan

Rabu, 04 Januari 2023 - 14:01 WIB
loading...
PIK 2  Panen Raya Perdana Budidaya Ikan Bawal di Taman Edukasi Pangkalan
Panen raya budidaya ikan bawal di Taman Edukasi, Desa Pangkalan, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang. Foto: Ist
A A A
TANGERANG - Taman Edukasi di Desa Pangkalan, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, akhirnya membuahkan hasil. Warga akhirnya merasakan panen raya budidaya ikan bawal di Taman Edukasi tersebut.

Panen raya ini merupakan panen perdana ikan bawal dari Kelompok Wanita Tani Anyelir yang merupakan bantuan dari CSR PT Kukuh Mandiri Lestari PIK 2.

Kampung Adidaya PIK 2 sebelumnya menyelenggarakan kegiatan tebar bibit bersama Kelompok Wanita Tani Anyelir Desa Pangkalan pada Mei 2022 lalu.



Serangkaian kegiatan panen perdana dilaksanakan dengan mengadakan Lomba Memancing Bersama Ibu-Ibu Desa Pangkalan. Panen perdana kali ini mendapatkan kurang lebih 1/2 ton dengan size 5-7 ekor/Kg.

“Kami sangat berterima kasih kepada Community Development PT Kukuh Mandiri Lestari atas support yang telah diberikan kepada Desa Pangkalan. Semoga kegiatan ini dapat menjadi berkah bagi kita semua,” ujar Kepala Desa Pangkalan Ahmad Muhrim dalam keterangan tertulis, diterima Rabu (4/1/2023).

Tim Community Development PT Kukuh Mandiri Lestari juga telah melanjutkan Program Tebar Bibit fase kedua kepada kelompok binaan lainnya. Kegiatan Tebar Bibit Ikan dan Pemberian Pakan Ikan Tahap 2 kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Ki Dalang di Desa Pangkalan ini dilakukan pada Jumat, 25 November 2022 dengan mengangkat konsep “Ketapang (Ketahanan Pangan Pangkalan)”.

Pada fase kedua ini, Tim Comdev PIK 2 memberikan bibit ikan lele, bibit ikan nila, serta pakan ikan sebagai pelengkapnya.

Setelah berhasil melaksanakan tebar bibit fase pertama pada kolam tanah yang bertujuan untuk merangsang kewirausahaan di masyarakat, pada fase kedua ini Tim Comdev PIK 2 mencoba mengenalkan metode Bioflok dan Teknik RAS (Recirculating Aquaculture System) untuk budidaya yang berfokus pada peningkatan produksi.

Dengan demikian hasil ikan yang dipanen juga meningkat agar dapat tercipta kelompok binaan yang sejahtera dan mandiri.

Program ini disambut baik oleh masyarakat Desa Pangkalan, karena dapat meningkatkan perekonomian mereka. Program ini juga mendapat respons positif dari aparatur daerah Kabupaten Tangerang.

Harapannya, program Ketapan ini dapat terlaksana dengan lebih baik dan mensejahterahkan masyarakat di Kecamatan Teluknaga.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1951 seconds (0.1#10.140)