Asa Baru di Tengah Pandemi, Masyarakat Teluknaga Dapat Bantuan 14.315 Bibit Ikan

Kamis, 19 Mei 2022 - 11:51 WIB
loading...
Asa Baru di Tengah Pandemi, Masyarakat Teluknaga Dapat Bantuan 14.315 Bibit Ikan
Masyarakat Pangkalan, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, kini punya harapan baru setelah mendapat bantuan ribuan bibit ikan dari Tim ComDev PIK 2. Foto: SINDOnews/Ist
A A A
TANGERANG - Masyarakat anggota Kelompok Wanita Tani Anyelir Desa Pangkalan, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, kini punya harapan baru meningkatkan ekonomi keluarga setelah 2 tahun lebih menghadapi pandemi Covid-19. Hal itu setelah mereka mendapat bantuan ribuan bibit ikan dan pakannya dari Tim ComDev PIK 2.

Dengan mengusung konsep Kampung Adidaya PIK 2, yang berarti Kampung Cakap Berdaya, Tim ComDev PT Kukuh Mandiri Lestari PIK 2 memberikan sebanyak 13.315 ekor bibit ikan bawal, 1.000 ekor bibit ikan lele, serta 4 ton pakan.

Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini diawali dengan prosesi tebar bibit di beberapa tempat, yaitu Saung Ki Dalang Pangkalan, Saung Ki Ayub Pangkalan, dan Taman Edukasi Pangkalan.



Kegiatan tersebut dihadiri Kabid P3 Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Andriyani, Camat Teluknaga Zamzam Manohara, Kepala Desa Pangkalan Ahmad Muhrim, dan Kelompok Wanita Tani Anyelir, serta perwakilan PT Kukuh Mandiri Lestari Rio dan Okto.

"Selain memberikan bibit dan pakan, Tim ComDev juga memperkenalkan teknologi Recirculating Aquaculture System (RAS) yang merupakan sistem budidaya ikan secara intensif dengan menggunakan sistem yang memanfaatkan air secara terus-menerus," ujar Rio, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/5/2022).



Menurut Rio, teknologi RAS ini bertujuan untuk mengontrol dan menstabilkan kondisi kolam ikan, mengurangi jumlah penggunaan air serta mengatur kadar oksigen dalam kolam.

"Tentunya dengan menggunakan sistem RAS ini budidaya ikan akan meningkat secara produktivitas karena dilengkapi aerator dan sistem biofilter, sehingga membuat budidaya semakin produktif," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan dua pasang filter yang berfungsi untuk menyaring kotoran dan menyuplai oksigen.

"Semoga program pemberdayaan yang telah dirancang oleh Tim ComDev PIK 2 berjalan dengan lancar dan dapat memberi manfaat untuk masyarakat Desa Pangkalan, serta terjalin tali asih antar masyarakat, Pemerintah Kabupaten Tangerang, dan PIK 2," pungkasnya.

Kepala Desa Pangkalan menyampaikan bahwa program ini disambut baik oleh masyarakat. Sebab bantuan bibit ikan tersebut diyakini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu, program ini juga mendapat respons positif dari aparatur daerah Kabupaten Tangerang, terutama Dinas Perikanan.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)