Pemkot Jakut Gandeng Jurnalis Gelar Lomba Penulisan, Fotografi, dan Video Kreatif

Rabu, 04 Januari 2023 - 00:40 WIB
loading...
Pemkot Jakut Gandeng Jurnalis Gelar Lomba Penulisan, Fotografi, dan Video Kreatif
Jakarta International Stadium (JIS) salah satu ikon baru di Jakarta yang dibangun Pemprov DKI di wilayah Jakarta Utara.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Memasuki tahun 2023, komunitas Jurnalis Kreatif bekerja sama dengan Pemkot Jakarta Utara menggelar lomba penulisan jurnalistik, fotografi, dan video kreatif. Lomba kali ini mengangkat tema besar “Potensi dan Tantangan Jakarta Utara di Tahun 2023”.

Lomba dengan hadiah total lebih dari Rp80 juta ini terbagi atas tiga kategori dengan peserta dikhususkan untuk jurnalis dan pelajar/mahasiswa. Untuk kategori penulisan jurnalistik, peserta yang boleh mengirimkan karya untuk dilombakan adalah mereka yang berprofesi sebagai jurnalis dengan media tempat bekerja telah terverifikasi Dewan Pers.

Sementara kategori fotografi, Jurnalis Kreatif mengkhususkan peserta hanya yang saat ini berstatus pelajar atau mahasiswa dengan domisili di wilayah Jabodetabek.

Khusus untuk video kreatif, panitia mempersilakan jurnalis TV atau mereka yang berstatus pelajar atau mahasiswa untuk mengirimkan karya dihasilkan untuk dilombakan.

Ketua Pelaksana Lomba Penulisan Jurnalistik, fotografi, dan video kreatif, M Bachtiar mengemukakan, kegiatan ini dilatarbelakangi bagaimana Jakarta Utara sepanjang tahun 2022 menjadi sorotan atas perhelatan Formula E dan telah dibukanya Jakarta International Stadium (JIS) pada tahun 2022.

Tak hanya menjadi lokasi dua ikon dengan level nasional itu, Jakarta Utara di satu sisi juga memperlihatkan banyaknya pembenahan dilakukan Pemkot Jakarta Utara dan stake holder terkait untuk mereduksi dan mengatasi persoalan mendasar seperti banjir salah satunya, sekaligus berupaya menggelorakan budaya hidup sehat melalui berbagai program.

“Menarik untuk dicermati bila sebelumnya Jakarta Utara kerap dilanda banjir, namun di tahun 2022, pemberitaan mengenai banjir di wilayah pesisir Jakarta ini menjadi minim, bahkan ketika wilayah lain yang banyak memberitakan banjir. Pemkot Jakut juga terus melakukan berbagai upaya untuk menjadikan wilayah administrasinya sebagai Kota Layak Anak dengan predikat utama,” kata Bachtiar melalui keterangan tertulisnya, Selasa (2/1/2023).

“Kami berharap partisipasi melalui kegitan ini dapat membedah Jakarta Utara sehingga berbagai potensinya dapat dimaksimalkan dan kendala dihadapi mampu diminimalisir. Lomba ini juga tentunya sekaligus dapat memperlihatkan berbagai upaya atau kinerja jajaran Pemkot Jakut dalam membenahi wilayahnya,” sambungnya.

Selain mengumumkan nominasi pemenang, Jurnalis Kreatif pada tanggal 4 Maret 2023 turut menggelar diskusi bertajuk "Potensi dan Tantangan Jakarta Utara di Tahun 2023” dengan menghadirkan berbagai narasumber berkompeten seperti Pemkot Jakarta Utara, legislator dan akademisi.

Terpisah, Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim optimistis kegiatan ini dapat memberi gambaran perihal potensi Jakarta Utara, sekaligus upaya pemerintah dalam pembangunan dari sudut pandang masyarakat. Dalam hal ini pelajar dan mahasiswa serta jurnalis.

“Kami Berharap pelajar/mahasiswa dan para jurnalis memberikan gambaran dari berbagai macam sudut pandang berbeda mengenai kondisi Jakarta Utara saat ini. Kegiatan ini juga tentunya sekaligus dapat semakin memperkenalkan berbagai potensi kami seperti berbagai destinasi wisata, ragam kuliner hingga budaya yang tetap terjaga.

Calon peserta lomba dapat mendaftar dengan cara mengisi formulir dan mengirimkan karya dilombakan melalui formulir disediakan panitia. Adapun perihal syarat dan ketentuan secara lengkap dapat dilihat melalui akun Instagram @jurnaliskreatif.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)