Januari 2023, Tangsel Berlakukan One Way di Serpong dan Pamulang

Sabtu, 31 Desember 2022 - 07:29 WIB
loading...
Januari 2023, Tangsel Berlakukan One Way di Serpong dan Pamulang
Kemacetan parah di kawasan Puspiptek, Serpong, Tangsel. Pemkot Tangsel segera menerapkan one way di titik kemacetan tersebut pada Januari 2023. Foto: Tangkapan Layar Instagram
A A A
TANGERANG SELATAN - Pemberlakuan Sistem Satu Arah (SSA) atau one way di Pamulang dan Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mulai efektif pada Januari 2023. Sementara ini, one way baru diujicobakan di Serpong pada 20-24 Desember 2022 lalu.

Di wilayah Pondok Cabe, Pamulang, direncanakan segera menyusul pada awal tahun 2023. Uji coba one way di kawasan Serpong berlangsung di Simpang Tiga Buaran - Simpang Empat Viktor - Simpang Empat Muncul hingga Simpang Bundaran Tekno.

Ada 2 opsi yang dijalankan di mana masing-masing dilakukan selama 2 hari sejak 20-24 Desember 2022.
Baca juga: ETLE Tetap Beroperasi saat Malam Tahun Baru, Tilang Manual jika Konvoi Kendaraan

Pada opsi pertama, seluruh kendaraan dari arah BSD menuju Simpang Empat Viktor dibuat satu arah melalui Jalan Buaran. Lalu, arus kendaraan yang menuju Simpang Empat Muncul dari arah Simpang Empat Viktor juga dibuat satu arah.

Selanjutnya, kendaraan yang menuju Simpang Bundaran Tekno dari arah Simpang Empat Muncul dibuat satu arah melalui Jalan Raya Serpong.

Opsi kedua, penerapan one way relatif sama di mana arus dari BSD dibuat satu arah menuju Simpang Empat Viktor melalui Jalan Raya Buaran. Begitu pun laju kendaraan dari Simpang Empat Muncul dibuat satu arah menuju Simpang Bundaran Tekno.

Perbedaannya hanya pada Jalan Raya Puspiptek di mana kendaraan dari Simpang Empat Viktor menuju Simpang Empat Muncul tetap dibuka untuk 2 arah.

"Dua-duanya sudah kita terapkan opsinya kemungkinan nanti pemberlakuannya setelah pengamanan Nataru. Jadi kemarin kita sudah bersepakat dengan beberapa unsur OPD, kecamatan, Polres, dan lainnya. Kita sudah ada sebagian hasilnya, perbandingan dari 2 opsi tadi. Mudah-mudahan di awal tahun sudah ada informasi pemberlakuannya," ujar Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Tangsel Topan, Sabtu (31/12/2022).

Uji coba pemberlakuan one way juga segera dilakukan di kawasan South City, Pondok Cabe, Pamulang. Upaya itu akan dilakukan bertahap melalui kajian bersama forum lalu lintas setelah pemberlakuan one way di kawasan Simpang Empat Viktor, Serpong.

"Kita juga survei. Kita pantau lewat drone mana volumenya yang padat, yang krusial, dialihkan ke mana. Kita masih rencana, memang setelah ini (Serpong) selesai kita akan fokus di sana," katanya.

Sebagaimana diketahui, pada pagi dan sore hari kerja kemacetan sulit dihindari di beberapa ruas jalan di Tangsel. Antrean kendaraan bahkan sampai mengular hingga viral di media sosial.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)