Anggota DPRD DKI Kenneth Minta Tingkatkan Kesiapsiagaan Antisipasi Hujan Ekstrem

Rabu, 28 Desember 2022 - 17:57 WIB
loading...
Anggota DPRD DKI Kenneth Minta Tingkatkan Kesiapsiagaan Antisipasi Hujan Ekstrem
Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP Hardiyanto Kenneth. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hujan ekstrem berpotensi melanda wilayah Jakarta hingga beberapa hari ke depan. Pemprov DKI Jakarta diminta mempersiapkan segala bentuk antisipasi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah mengeluarkan peringatan dini hujan ekstrem yang akan melanda wilayah Jabodetabek pada 27 Desember 2022 hingga 6 Januari 2023.

Menurut BMKG, fenomena yang menyebabkan terjadinya cuaca ekstrem ini di antaranya Monsun Asia yang disertai seruakan udara dingin yang berasal dari dataran tinggi Tibet di Asia. Selain itu, fenomena aliran lintas ekuator yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan secara intensif.
Baca juga: BMKG Sebut Perubahan Iklim Makin Mengkhawatirkan

Sejumlah pemerintah provinsi maupun kota/kabupaten mempersiapkan diri terjadinya hujan ekstrem yang akan melanda wilayahnya, salah satunya Pemprov DKI.

Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP Hardiyanto Kenneth mengatakan, Pemprov DKI harus mempersiapkan kemungkinan buruk yang akan terjadi akibat hujan ekstrem.

"Pj Gubernur DKI harus bisa mengantisipasi terkait peringatan dini hujan ekstrem yang akan melanda Jakarta hingga awal tahun 2023. Jangan sampai kita tidak mempunyai persiapan apapun dalam menghadapi cuaca ekstrem ini," ujar Kenneth, Rabu (28/12/2022).

Pria yang akrab disapa Bang Kent itu meminta kepada seluruh stakeholder terkait agar meningkatkan kesiapsiagaan terkait potensi bencana geologi maupun hidrometeorologi basah, khususnya antisipasi cuaca ekstrem.

"Dinas-dinas dan stakeholder terkait harus memantau kondisi cuaca dan meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi hujan ekstrem," kata Kent.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPD PDIP DKI Jakarta itu juga meminta kepada dinas terkait untuk melakukan pemetaan daerah-daerah Jakarta yang kerap dilanda banjir.

"Dinas-dinas terkait harus selama 24 jam memonitoring daerah-daerah di Jakarta yang rawan banjir. Lakukan pemetaan agar bisa meminimalisir dampak akibat hujan ekstrem agar tidak ada kejadian yang tidak kita inginkan," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)