Cuaca Ekstrem di Jabodetabek Hari Ini, Polri Siagakan Pasukan SAR 

Rabu, 28 Desember 2022 - 05:52 WIB
loading...
Cuaca Ekstrem di Jabodetabek Hari Ini, Polri Siagakan Pasukan SAR 
Polri menyiagakan pasukan SAR untuk mengantisipasi cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi hari ini. Foto: Ilustrasi/SINDONEWS
A A A
JAKARTA - Polri menyiagakan pasukan pencarian dan pertolongan (SAR/search and rescue) guna mengantisipasi cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) hari ini.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengungkapkan, polda jajaran telah diminta untuk menyiapkan langkah kontijensi terkait dengan kondisi cuaca tersebut.



"Saat anev (analisis dan evaluas) seluruh polda dan polres jajaran. Pak Wakapolri sudah mengarahkan untuk mempersiapan pasukan SAR dan Sarpras guna menghadapi situasi kontijensi bencana alam," ujar Dedi saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Dedi menyebut kepolisian sudah diminta untuk melakukan hal-hal terbaik di wilayahnya masing-masing terhadap kemungkinan-kemungkinan yang dapat berkembang setiap saat.

"Para Kasatwil sudah diperintahkan turun ke lapangan untuk mapping kerawanan yang mungkin dapat terjadi di wilayahnnya masing-masing, dan siapkan kontijensi plan secara maksimal," tegas Dedi.



Sebelumnya, peneliti klimatologi pada Pusat Riset Iklim dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Erma Yulihastin mengungkapkan adanya potensi hujan ekstrem dan badai di wilayah Jabodetabek pada Rabu 28 Desember 2022.



Analisa itu berdasarkan dari Satellite Early Warning System (Sadewa). “Siapapun Anda yang tinggal di Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022,” tulis Erma di media sosial Twitter pribadinya @Eyulihastin, Selasa (27/12/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1788 seconds (0.1#10.140)