2023, Pemprov DKI Ganti Bike Sharing Jadi Sepeda Listrik

Selasa, 27 Desember 2022 - 13:00 WIB
loading...
2023, Pemprov DKI Ganti Bike Sharing Jadi Sepeda Listrik
Dishub DKI Jakarta akan mengganti penyewaan sepeda dengan memakai tenaga listrik pada tahun depan. Foto/Dok MNC Media
A A A
JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan mengganti penyewaan sepeda dengan memakai tenaga listrik pada tahun depan.Kebijakan itu agar masyarakat nyaman dan ramah lingkungan.

Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan, keberadaan angkutan bike sharing (sewa sepeda) yang disediakan terbengkalai serta mengalami kerusakan. Wujud Bike Sharing menjadi sepeda listrik diputuskan hasil pertemuan Bike Sharing Summit dengan operator.

”Jadi sepeda sewa akan menggunakan sepeda listrik, saat ini sedang dalam penjajakan ya, setelah dilaksanakan Bike Share Summit kemarin, itu kami mencoba mengundang beberapa operator menyatakan sudah minat,” kata Syafrin, Selasa (27/12/2022).



Menurut dia, sistem operasional yang akan diterapkan pada Bike Sharing dengan teknologi listrik ini, akan menggunakan teknologi dari aplikasi berbasis 2G menjadi 4G, sehingga sepeda listrik tersebut sudah memakai teknologi yang mumpuni.

”Kita berharap di era teknologi sekarang, revolusi industri 4.0, maka aplikasi sewa sepeda yang ditawarkan sudah menggunakan generasi keempat. Kalau sebelumnya seperti contoh gowes masih 2G ya, dan kita harapkan yang terbaru menyesuaikan kemajuan teknologi,” tegasnya.



Sebelum adanya uji coba maupun operasional sepeda tersebut, beberapa perusahaan calon operator bike sharing harus memenuhi administrasi teknis mengacu Peraturan Gubernur No 36 Tahun 2022 terkait operasional sepeda sewa di Jakarta terpenuhi.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3111 seconds (0.1#10.140)