Resmikan Pengembangan Tahap I Stasiun Manggarai, Jokowi: Integrasi Transportasi Akan Semakin Baik

Senin, 26 Desember 2022 - 11:47 WIB
loading...
Resmikan Pengembangan Tahap I Stasiun Manggarai, Jokowi: Integrasi Transportasi Akan Semakin Baik
Presiden Jokowi saat meresmikan pengembangan Tahap 1 Stasiun Manggarai. Dia berharap, integrasi transportasi nantinya kian baik dan memudahkan masyarakat. Foto: MPI/Raka
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) meresmikan pengembangan Stasiun Manggarai Tahap I di Manggarai, Jakarta Selatan, Senin (26/12/2022). Dalam meresmikan pengembangan Stasiun Manggarai ini, Jokowi didampingi menterinya.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pengembangan tahap I Stasiun Manggarai dimulai hari ini," kata Jokowi dalam sambutannya di lokasi.

Jokowi mengatakan, Stasiun Manggarai merupakan salah satu stasiun dengan lalu lintas kereta tersibuk di Indonesia. Menurutnya, setiap hari stasiun ini melayani perhentian KRL Comuter Line tujuan Jakarta Kota, Tanah Abang, dan Bekasi dengan lalu lintas dan penumpang yang sangat padat.

"Sejak tahun 2016 kita telah mengembangkan Stasiun Manggarai sebagai salah satu stasiun sentral di Jakarta. Termasuk menjadi bagian dari proyek double track Manggarai-Cikarang dengan penambahan jumlah jalur dari semula tujuh jalur menjadi 14 jalur yang terdiri dari 10 jalur kereta api at grade dan 4 jalur kereta api elevated," tutur Jokowi.

Pengembangan Stasiun Manggarai, kata Jokowi, sangat penting untuk meningkatkan frekuensi dan headway perjalanan kereta api. Lalu meningkatkan akses civilitas dan mobilitas masyarakat dari Jakarta ke kota-kota penyangga lainnya dan sebaliknya.



Kemudian, kata Jokowi, pihaknya akan menambah layanan kereta api bandara menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Kemudian, sambungnya, akan mengintegrasikan berbagai moda transportasi umum lainnya, seperti Transjakarta, ojek online, bajai, dan lainnya.

"Dengan adanya fasilitas yang semakin baik dan terintegrasi, konektivitas akan semakin baik. Mobilitas dan aktivitas masyarakat akan semakin lancar dan efisien. Dan masyarakat akan semakin senang menggunakan transportasi massal, menggunakan transportasi umum," kata Jokowi.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2405 seconds (0.1#10.140)