Unpak Inisiasi Kampung Wisata Jamu dan Alam Milenial di Desa Ciburuy Bogor

Sabtu, 24 Desember 2022 - 21:52 WIB
loading...
Unpak Inisiasi Kampung Wisata Jamu dan Alam Milenial di Desa Ciburuy Bogor
Universitas Pakuan (Unpak) menginisiasi Kampung Wisata Jamu dan Alam Milinial di Desa Ciburuy, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Foto: Ist
A A A
BOGOR - Universitas Pakuan (Unpak) menginisiasi Kampung Wisata Jamu dan Alam Milinial di Desa Ciburuy, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Masyarakat desa diajari cara budidaya tanaman, pembuatan jamu, hingga sosial media marketing.

Dosen Unpak Bogor Prihastuti Harsani mengatakan, inisiasi Kampung Wisata Jamu dan Alam Milenial ini merupakan bagian dari Program Insentif Pengabdian Masyarakat Terintegrasi dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Berbasis Kinerja IKU bagi Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

"Kegiatan ini untuk meningkatkan keberdayaan masyarakat dan juga pembelajaran kolaboratif dan partisipatif mahasiswa melalui skema kemasyarakatan yang diwujudkan dalam Kegiatan Kampung Bangkit (KKB)," kata Prihastuti yang menjabat sebagai Ketua Program Insentif Pengabdian Masyarakat, dalam keterangannya, Sabtu (24/12/2022).

Dalam program ini, masyarakat Desa Ciburuy dilatih cara budidaya tanaman obat, pembuatan simplisia jamu, pengelolaan sampah, pelatihan sosial media marketing, dan pembuatan kedai jamu.



"Masyarakat juga dilatih cara membuat konten di sosial media dengan memanfaatkan smartphone yang semangkin canggih. Sehingga warga Desa Ciburuy lebih produktif dalam menggunakan sosial media dan bisa memiliki nilai marketing yang lebih luas," kata Prihastuti.

Dalam program ini, Prihastuti yang merupakan dosen Program Studi Ilmu Komputer juga dibantu sejumlah dosen lain. Antara lain, Dosen Program Studi Teknik Komputer Deden Ardiansyah dan Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Roni Jayawinangun.

Ketua Karang Taruna Saung Moriez Gemilang, Adi Burhanudin menyampaikan terima kasih kepada Unpak dan Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi yang telah menggelar kegiatan tersebut. "Saya ucapkan banyak terima kasih kepada tim Universitas Pakuan yang sudah percaya memberikan program ini ke wilayah kami, karena banyak ilmu dan manfaat yang didapat khususnya untuk pribadi saya," katanya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1568 seconds (0.1#10.140)