Jelang Libur Nataru, ASP Daop 1 Jakarta Jalani Tes Kesehatan dan Narkoba

Kamis, 22 Desember 2022 - 03:05 WIB
loading...
Jelang Libur Nataru, ASP Daop 1 Jakarta Jalani Tes Kesehatan dan Narkoba
Sejumlah pegawai perkeretaapian melakukan tes kesehatan dan narkoba. Hal itu untuk memberikan jaminan keamanan dan keselamatan penumpang KA, utamanya untuk menyambut Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Foto: Dok/KAI
A A A
JAKARTA - PT KAI Daop 1 Jakarta berkolaborasi dengan Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN-RI) melakukan tes kesehatan dan narkoba untuk jajaran pekerja Daop 1 Jakarta, Rabu 21 Desember 2022. Tes ini diikuti oleh 150 pekerja Awak Sarana Perkeretaapian (ASP).Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, pemeriksaan kesehatan dan tes narkoba dilaksanakan di Klinik Mediska Manggarai. Diikuti ratusan ASP yang terdiri dari masinis, asisten masinis, petugas layanan kereta, teknisi kereta api, dan Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA).

Eva mengatakan pemeriksaan kesehatan dan tes narkoba dilakukan di luar pemeriksaan rutin yang dilakukan kepada ASP saat akan melaksanakan dinas. Hal itu dilakukan guna memberikan jaminan keamanan dan keselamatan Perjalanan Kereta Api (Perka) kepada para pelanggan KA, utamanya untuk menyambut Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Dengan meyakinkan bahwa Crew KA yang sedang berdinas betul-betul dalam kondisi sehat dan performa terbaiknya sebagai garda terdepan perusahaan yang melayani penumpang secara langsung. Selain itu juga dalam rangka penanggulangan penggunaan narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (NAPZA) di lingkungan PT KAI Daop 1 Jakarta," kata Eva dalam keterangannya, Rabu 21 Desember 2022.

Dia mengatakan, persiapan di berbagai lini terus dilakukan agar angkutan Nataru dapat berjalanan lancar, aman, dan nyaman. Daop 1 jakarta, lanjutnya telah memperkirakan jumlah volume penumpang yang menggunakan jasa Kereta Api meningkat hampir tiga kali lipat jika dibandingkan dengan Nataru tahun lalu.

Lebih lanjut, pihaknya telah menyediakan 736.406 tiket kereta api jarak jauh untuk musim angkutan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) periode 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. Pemberangkatan dilayani di tiga stasiun, yakni Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota

"Sampai dengan Rabu (21 Desember 2022) pemesanan tiket Nataru keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual sekitar 251.888 untuk keberangkatan 22 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023 (18 hari), jumlah penjualan tiket tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung secara online," tuturnya.

Kemudian terkait lalu lintas penumpang kereta api untuk Rabu 21 Desember 2022 terdapat sekitar 8.789 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dengan layanan operasional 26 perjalanan KA. Untuk Stasiun PasarSenen terdapat sekitar 11.370 penumpang berangkat dengan layanan operasional 24 perjalanan KA.

"KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik dan memesan tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan. Karena tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 sudah dapat dipesan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan yang dipilih," kata Eva.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)