Perhimpunan Filantropi Dorong Kolaborasi dan Aksi Kolektif untuk Wujudkan SDGs

Rabu, 14 Desember 2022 - 07:54 WIB
loading...
Perhimpunan Filantropi Dorong Kolaborasi dan Aksi Kolektif untuk Wujudkan SDGs
Members Gathering Perhimpunan Filantropi Indonesia yang berlangsung di Jakarta, Selasa, 13 Desember 2022. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia diyakini dapat tercapai pada tahun 2030 dengan syarat semua pihak terlibat dan berlokabrasi. Untuk itu, Perhimpunan Filantropi Indonesia (PFI) melalui kegiatan Members Gathering mendukung percepatan pencapaian SDGs di Indonesia.

PFI terus mendorong ko-kreasi dan kolaborasi multipihak untuk menciptakan ekosistem yang kondusif. “Memasuki Decades of Action, aksi kolektif diharapkan dapat menjadi penggerak motor antarpemangku kepentingan untuk saling melengkapi sumber daya masing -masing,” ujar Ketua Dewan Penasihat Perhimpunan Filantropi Indonesia ( PFI) Franciscus Welirang, saat acara Members Gathering Perhimpunan Filantropi Indonesia yang berlangsung di Jakarta, Selasa, 13 Desember 2022.

Menurut Franciscus Welirang, semangat kolaborasi juga dikembangkan dalam ketujuh Klaster Filantropi yang ada di PFI. “Saya harap Klaster Filantropi yang telah ada bisa terus dikembangkan dan dimanfaatkan oleh anggota PFI untuk berbagi pengetahuan, praktik baik, dan pengalaman sekaligus menjadi ruang berkolaborasi,“ bebernya.



Dia juga menegaskan sosialisasi Kode Etik Filantropi Indoneia (KEFI) perlu digencarkan lagi agar pihak -pihak terkait memahami dan melaksanakannya. “Kita perlu bersama-sama dan bekerja sama untuk mensosialisasikan dan menerapkan kode etik untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat serta membangun tata kelola lembaga filantropi yang akuntabilitas dan transparansi ,” kata Franky, sapaan akrab Franciscus Welirang.

Members Gathering Perhimpunan Filantropi Indonesia diikuti hampir seratus peserta yang berasal dari berbagai lembaga dan organisasi. Direktur Eksekutif Perhimpunan Filantropi Indonesia (PFI), Gusman Yahya, menuturkan, tujuan kegiatan tersebut antara lain untuk mendiskusikan peluang kerja sama multistakeholder dalam rangka mendukung percepatan pencapaian SDGs di Indonesia.



Gusman Yahya menjelaskan, PFI mewadahi sumber daya yang besar dari anggotanya yang terdiri dari perusahaan, yayasan, lembaga, CSO, dan individu. Hal ini sangat potensial untuk merealisasikan terjadinya aksi kolektif kolaborasi untuk mewujudkan keadilan sosial dan pembangunan berkelanjutan.

Sejak 2016, PFI telah membentuk tujuh klaster fillantropi, yakni klaster pendidikan, pemukiman dan perkotaan, lingkungan hidup dan konservasi, kesehatan, ketahanan pangan dan gizi, kesenian dan budaya, serta zakat on SDGs.

“Klaster Filantropi punya peranan penting dalam mendorong kolaborasi dan ko-kreasi untuk mencapai tujuan bersama dalam percepatan pembangunan berkelanjutan. Setiap anggota bebas memilih klaster sesuai dengan prioritas organisasi masing-masing,” katanya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2380 seconds (0.1#10.140)