Kasus Kematian Satu keluarga di Kalideres, Ada Pesan Luapan Emosi di Ponsel Dian

Sabtu, 10 Desember 2022 - 12:31 WIB
loading...
Kasus Kematian Satu keluarga di Kalideres, Ada Pesan Luapan Emosi di Ponsel Dian
Polda Metro Jaya menyampaikan rilis penyelidikan kematian empat orang yang merupakan satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat.Foto/MPI/Erfan Maaruf
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya menyatakan telah menghentikan penyidikan kasus kematian satu keluarga di kalideres, Jakarta Barat. Banyak fakta yang diungkap dalam peristiwa tersebut, salah satunya pesan dalam ponsel berisi luapan emosi marah, kesal hingga harapan.

Ketua Umum Asosiasi Psikologi Forensik Indonesia Reni Kusumowardhani mengungkapkan, isi pesan dalam dua ponsel tersebut. Berdasarkan penelitian psikoanalisis, pesan tersebut diduga kuat ditulis oleh Dian yang merupakan anak dalam keluarga itu.

"Dari hasil penelitian psikoanalisis, pesan ini ditulis anak-anak usia yang masih muda. Bahasanya segar dan terkini. Bagus dan tertata," kata Reni, dalam konferensi pers dikutip, Sabtu (10/12/2022). Baca: Satu Keluarga di Kalideres Bukan Pengikut Sekte Tertentu

Reni mengatakan, pesan tersebut berisi luapan emosi, seperti marah dan kesal. Pesan tersebut juga mengekspresikan rasa lelah dalam menjalani hidup. Namun, di balik emosi itu terselip kata-kata motivasi untuk bisa melalui ujian hidup.

"Dia bilang kita hanya bisa lulus kalau kita bisa melampaui ujian Tuhan. Kalimat-kalimat yang juga positif yang meng-counter dia. Tidak ada ke arah bunuh diri," kata Reni.

Empat orang yang merupakan satu keluarga ditemukan tewas mengering di Perumahan Citra Garden Extension 1, Kalideres, Jakarta Barat. Kepala Instalasi Forensik RSCM Ade Firmansyah Sugiharto menyimpulkan urutan yang meninggal dari empat orang tersebut di antaranya Rudiyanto, Renny Margaretha, Budiyanto, dan Dian.

"Rudiyanto meninggal pendarahan saluran cerna, Renny Margaretha karena kelainan payudara, Budiyanto serangan jantung, dan Dian karena gangguan pernapasan," kata Ade dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jumat (9/12/2022).

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2132 seconds (0.1#10.140)