Banjir Kepung Klapanunggal Bogor, 2.130 Warga Terdampak

Sabtu, 10 Desember 2022 - 05:22 WIB
loading...
Banjir Kepung Klapanunggal Bogor, 2.130 Warga Terdampak
Banjir mengepung wilayah Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jumat (9/12/2022). Foto: Dok BPBD Kabupaten Bogor
A A A
BOGOR - Banjir mengepung wilayah Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jumat (9/12/2022). Ribuan warga terdampak di enam titik banjir.

Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Jalaludin mengatakan, sedikitnya terdapat lima komplek perumahan dan satu perkampungan penduduk yang terendam banjir.

"Karena hujan dengan intensitas tinggi yang cukup lama mengakibatkan aliran anak Kali Cibarengkok meluap yang berdampak kepada jebolnya tembok pembatas antara kali dengan perumahan," kata Jalaludin dalam keterangannya.



Titik banjir berlokasi di Perumahan Griya PMI Asri, Perumahan Pesona Prima Cikahuripan 5, Perumahan Pesona Prima, Perumahan Cileungsi Asri 2, Perumahan Kahuripan Mas, dan Kampung Cipari.

"Total 670 KK dengan 2.130 jiwa terdampak banjir," ucapnya.

Ketinggian banjir bervariasi antara 5-100 cm. Tak hanya rumah, terdapat fasilitas umum, jalan raya, serta dua tempat ibadah yang ikut terdampak banjir.

"Mengakibatkan kemacetan karena banyak kendaraan yang mogok dan berhenti di pinggir jalan," jelasnya.

Tim TRC BPBD Kabupaten Bogor yang menerima laporan kemudian menuju lokasi untuk asesmen kebencanaan. Menjelang malam genangan banjir perlahan mulai surut.

"Air yang meluap sudah mulai berangsur surut dan kemacetan dari kedua arah saat ini sedang diurai oleh petugas dan warga setempat," pungkasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1329 seconds (0.1#10.140)