Kronologis Sekeluarga asal Cileungsi Bogor Terpapar Covid-19

Selasa, 28 April 2020 - 00:04 WIB
loading...
Kronologis Sekeluarga asal Cileungsi Bogor Terpapar Covid-19
Bupati Bogor Ade Yasin membeberkan kronologis kasus baru yakni satu keluarga beserta asisten rumah tangganya asal Cileungsi, terkonfirmasi positif virus Corona. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
BOGOR - Bupati Bogor Ade Yasin selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor membeberkan kronologis kasus baru yakni satu keluarga beserta asisten rumah tangganya asal Cileungsi, terkonfirmasi positif virus Corona, Senin (27/4/2020).

"Kasus satu keluarga positif Covid-19 yang beralamat di Kecamatan Cileungsi dikarenakan kontak langsung dengan kasus positif sebelumnya yang merupakan suami/ayah berinisial Tuan S dari kasus tersebut," paparnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (27/4/2020).

Lebih lanjut Ade Yasin menuturkan, S yang kini sudah almarhum dinyatakan positif Covid-19 pada tanggal 9 April 2020 oleh laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Jakarta.

"Tn S (almarhum) bekerja di salah satu perusahaan swasta di kota Depok. Tn S sempat dirawat di salah satu RS swasta di Cileungsi pada 2 April 2020. Tn S meninggal pada tanggal 3 April 2020 dengan keluhan batuk sesak, riwayat DM (Diabetes Mellitus) dan dinyatakan sebagai kasus PDP dengan jenazah diperlakukan sebagai kasus infeksius/Covid-19," jelasnya.

S sempat diambil swab oleh RS tersebut dengan hasil positif Covid-19 pada 9 April 2020. Dengan keluarnya hasil positif pada S, Tim Sisca (Siaga Antisipasi Corona) Puskesmas melakukan tracing dan pengambilan sampel swab pada keluarganya yaitu istri, dua anak, dan satu asisten rumah tangganya pada 13 April 2020. "Satu anaknya lagi tidak sempat diambil sampel. Kemudian sampel dikirim ke laboratorium BBTKL PP Jakarta," kata Ade.

Hasil pemeriksaan swab/PCR (Polymerase Chain Reaction) menunjukkan semua sampel yang diambil positif, yaitu istri, dua orang anak, dan satu asisten rumah tangga.

"Rencana tindak lanjut adalah pengambilan sampel ke dua kasus positif dan satu anaknya yang belum sempat diambil sampel. Kemudian akan dilakukan tracing pada kontak erat empat kasus positif tersebut dan akan dilakukan pengambilan sampel swab juga," terangnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor Syarifah Sofiah menyebutkan kasus Covid-19 di Kabupaten Bogor terus bertambah. Kali ini, kembali satu keluarga berjumlah empat orang asal Cileungsi, Kabupaten Bogor, dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Berdasarkan data monitoring harian kewaspadaan infeksi Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bogor hingga pukul 20.00 WIB, Senin (27/04/2020), ada tujuh kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19.

"Adapun tujuh orang terkonfirmasi positif adalah empat diantaranya asal Cileungsi merupakan satu keluarga yakni laki-laki berusia 12 tahun, perempuan 66 tahun, laki-laki 9 tahun dan perempuan 46 tahun. Sisanya tiga lagi adalah perempuan, 55 tahun asal Gunung Putri, kaki-laki, 19 tahun, asal Gunung Sindur dan terakhir asal laki-laki 60 tahun asal Tamansari," bebernya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)