Inilah 5 Jalan Tol di Jabodetabek Rawan Banjir

Selasa, 22 November 2022 - 09:00 WIB
loading...
Inilah 5 Jalan Tol di Jabodetabek Rawan Banjir
Salah satu ruas Tol Jakarta-Cikampek tepatnya di Tol Jatiwaringin sempat lumpuh terendam banjir. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Curah hujan yang tinggi menjadi salah satu faktor penyebab jalan tol di wilayah Jabodetabek kerap digenangi banjir. Beberapa titik jalan tol bahkan harus ditutup karena adanya genangan air, sehingga pengguna jalan tol dialihkan ke lajur lainnya.

Banjir di jalan tol terjadi secara signifikan sekitar 2-3 tahun belakangan. Berikut daftar tol Jabodetabek yang rawan banjir.

1. Jalan Tol Jakarta-Tangerang

Jalan Tol Jakarta-Tangerang menjadi kawasan rawan banjir ketika musim hujan. Curah hujan tinggi dan luapan sungai Kali Manis faktor terjadinya banjir. Beberapa kawasan sekitar tol Jakarta-Tangerang juga terkena banjir yakni Simpang Susun (SS) Bitung.

Banjir terjadi pada 14 November 2022 lalu mengakibatkan Gerbang Tol Bitung Km 26, akses keluar Bitung dari Jakarta, dan akses masuk Bitung menuju Cikupa harus ditutup karena tergenang banjir.

2. Jalan Tol Pondok Aren-Serpong

Jalan Tol Pondok Aren-Serpong adalah kawasan langganan banjir. Bahkan pada sepanjang tahun 2022, Jalan Tol Pondok Aren-Serpong sudah mengalami 4 kali banjir. Titik yang tergenang banjir yakni Km 8, dengan ketinggian mencapai 40-50 cm.

Penyebab dari banjir tersebut adalah berkurangnya daerah penyerapan air di sekitar jalan tol dan adanya penyempitan Kali Cibenda. Kapasitas sungai yang dulunya 9 m, kini menjadi 4,5 m.

3. Jalan Tol Cawang-Bogor, Jagorawi

Jalan Tol Cawang-Bogor, Jagorawi adalah salah satu wilayah rawan banjir. Pada tahun 2020 dan 2021, Jalan Tol Cawang digenangi banjir. Pada banjir yang terjadi pada bulan Februari 2021, ada beberapa titik di Jalan Tol Cawang-Bogor yang tergenang banjir.

Titik tersebut antara lain ruas Tol Jagorawi Km 3 arah Cawang, tergenang 5 cm. Lagi-lagi penyebab banjir dikarenakan curah hujan yang tinggi dan terowongan yang jebol sehingga pengaliran pompa terhambat.

4. Jalan Tol Cikampek-Tanjung Priok

Jalan Tol Cikampek menjadi langganan banjir pada beberapa tahun belakangan ini. Pada Februari 2021 lalu jalan tol ini juga mengalami banjir.

Beberapa titik yang digenangi banjir yakni Km 09B Lajur 1 sampai Lajur 2, akses masuk Jatibening arah Jakarta, Km 19B Lajur 1 sampai Lajur 2, GT Cikarang Barat 5 arah Jakarta, lajur kiri, dan GT Cibitung 7 arah Jakarta di seluruh lajurnya.

5. Jalan Tol Tambun Bekasi

Tol Tambun Km19+400 arah Jakarta tergenang air setinggi 20 cm. Banjir merendam lajur 1 dan 2. Banjir tersebut terjadi pada 21 Februari 2021 lalu. Banjir sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir.

Penyebabnya adalah curah hujan yang cukup tinggi. Namun, pihak Jasa Marga terus berupaya untuk mengatasi dan mencegah banjir datang kembali.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)