Ratusan Lansia Unjuk Kebolehan Bermain Angklung di Lapangan Banteng

Minggu, 20 November 2022 - 14:19 WIB
loading...
Ratusan Lansia Unjuk Kebolehan Bermain Angklung di Lapangan Banteng
Forum Komunikasi Lanjut Usia (FKLU) Jakarta menggelar Konser Angklung Lansia di Lapangan Banten, Jakarta Pusat, Minggu (20/11/2022). Dalam festival ini ratusan lansia unjuk kebolehan memainkan angklung. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Forum Komunikasi Lanjut Usia (FKLU) Jakarta menggelar Konser Angklung Lansia Jakarta 2022 di Lapangan Banteng, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (20/11/2022). Dalam festival ini ratusan lansia unjuk kebolehan memainkan alat musik angklung.

Dalam acara ini juga diikuti oleh FKLU se DKI Jakarta. Tidak terkecuali FKLU Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Ketua FKLU Jakarta Selatan Maria Ulfani mengatakan, selain memperingati Hari Angklung Sedunia yang biasa diperingati pada 16 November, acara ini juga sebagai ajang silaturahmi.



"Acara ini sangat baik untuk kita lansia bersilaturahmi sambil menyehatkan hati dan pikiran di Hari Angklung Sedunia ini. Hal ini juga merupakan acara pertama yang dilakukan di Jakarta," kata wanita yang biasa disapa Nani Nukman, di lokasi.

Alat musik angklung membuat dirinya senang. Bahkan alat musik ini membuat daya ingat tetap terjaga. "Angklung merupakan alat musik kesenian yang membumi dan menjaga daya tahan ingatan agar tidak pikun. Angklung juga bisa membuat kita happy," tukasnya.

Pihaknya kerap melakukan latihan di ruang terbuka hijau (RTH) atau di rumah anggota Happy-happy Forum Komunikasi Lansia Jakarta (FKLJ) Kecamatan Kebayoran Baru. Meski demikian, kata dia, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

"Insya Allah harapannya acara ini rutin dilakukan setiap tahun. Kita rutin latihan di RTH tapi tetap prokes. Kita di bawah naungan Dinas Sosial," katanya.

Ratusan Lansia Unjuk Kebolehan Bermain Angklung di Lapangan Banteng


Anggota Happy-happy FKLJ Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sri Herawati, menambahkan, setiap Minggu pihaknya latihan angklung untuk membuat variasi lagu dan nada. "Setiap Minggu kita latihan untuk tingkatkan mutu agar tidak monoton nada-nadanya. Dengan seringnya latihan ini membuat kita tidak cepat pikun. Karena kita dibuat happy dengan bermain angklung," kata wanita yang biasa disapa Hera ini.

Dengan seringnya latihan, kata dia, dapat membuat lagu yang variatif. Jadi tidak hanya lagu daerah atau nasional lainnya, tapi juga internasional. "Latihan bermain angklung juga sangat menyenangkan. Dengan latihan itu juga melatih agar lansia tidak mudah lupa. Karena dengan musik ini kita menjadi tetap semangat dan happy," pungkasnya.

Dia berharap, alat musik angklung kian digemari olah masyarakat. Karena, dengan bermain musik ini hati para lansia bisa menambah rileks dan happy.

"Harapannya anggota bisa terus berkembang agar angklung juga tidak dilupakan. Angklung juga bisa dinadakan dengan lagu sejarah, internasional, Indonesia, dan viral juga. Variasi lagu yang sudah kita ciptakan juga sudah banyak sekali," tuturnya.

Pelatih Grup Kesenian Angklung DKI Jakarta dan Happy-Happy FKLJ Kebayoran Baru Mugi Pangestu berharap acara seperti ini rutin dilakukan setiap tahunnya. Sebab angklung potensial untuk disebarluaskan.

"Pastinya ingin rutin, acara ini potensialnya besar. Namun ini hanya dihadiri oleh kurang lebih 550 orang. Tapi ini baru dari satu organisasi lansia," katanya.

Dia juga berharap ke depan acara seperti ini dapat memecahkan rekor MURI. Karena di setiap kementerian dan lembaga mempunyai organisasi lansia. "Harapannya ke depan lebih rame dan bisa memecahkan rekor muri," pungkasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2232 seconds (0.1#10.140)