Terima Kunjungan Komunitas Sepeda, Heru Janji Optimalkan Jalur Gowes

Sabtu, 19 November 2022 - 09:32 WIB
loading...
Terima Kunjungan Komunitas Sepeda, Heru Janji Optimalkan Jalur Gowes
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menegaskan terus mengoptimalkan jalur sepeda di Ibu Kota. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menegaskan terus mengoptimalkan jalur sepeda di Ibu Kota. Ia menerima kunjungan komunitas bike to work (B2W) dan Institute for Transportation and Development Policy (ITDP).

Diketahui, jalur sepeda merupakan jalur khusus diperuntukkan bagi pengguna sepeda dan kendaraan tidak bermesin yang memerlukan tenaga manusia. Untuk meningkatkan keselamatan pengguna sepeda, jalur sepeda dipisah dari lalu lintas kendaraan bermotor.

”Tadi saya terima teman-teman (Komunitas Sepeda) Bike to Work. Saya minta dikaji, dan saya minta mereka memikirkan (mengusulkan) jalur sepeda efektif dan berkualitas untuk pengguna sepeda. Nanti ada FGD, dan mereka sudah oke,” kata Heru, Sabtu (19/11/2022).

Baca juga: Ogah Gunakan Jalur Sepeda, Sekelompok Pesepeda Kuasai Jalur Bermesin di Sudirman

Heru menambahkan bahwa Pemprov DKI Jakarta akan terus melakukan evaluasi secara komprehensif terhadap pembangunan jalur sepeda di Jakarta. Menurutnya, Dishub akan melakukan modifikasi jalur sepeda sehingga jalur sepeda di Jakarta menjadi lebih efektif.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo menjelaskan bahwa Pemprov DKI terus berkomitmen untuk mewujudkan Jakarta menjadi kota yang ramah sepeda dan terus melanjutkan pembangunan jalur sepeda di Jakarta.

Ia menegaskan, Pemprov DKI Jakarta bersama DPRD DKI Jakarta akan mengalokasikan anggaran untuk evaluasi dan optimalisasi jalur sepeda sebesar Rp7,5 miliar untuk tahun 2023.

”Tahun ini ada tambahan sebanyak 196 km jalur sepeda dibangun. Sebelumnya sudah ada 103 km, artinya ada sekitar 301 km jalur sepeda yang akan terbangun,” ungkapnya. Baca juga: 2023, Pembangunan Jalur Sepeda di Jakarta Dianggarkan Rp7,5 Miliar

Syafrin menambahkan bahwa salah satu aspek evaluasi terhadap jalur sepeda di Jakarta adalah aspek atau prinsip keselamatan, keamanan, dan kenyamanan. ”Itu yang penting dan utama bagi seluruh pengguna jalan,” paparnya.

Ketua Komunitas Pesepeda B2W Indonesia, Fahmi Saimima pun mengapresiasi langkah dan upaya Pemprov DKI Jakarta untuk terus berkomitmen mengoptimalkan pembangunan jalur sepeda agar lebih efisien dan efektif.

Ia menjelaskan, kunjungan komunitas 'Bike to Work' dilakukan sebagai bentuk silaturahmi dan kontrol publik untuk memastikan pembangunan jalur sepeda di Jakarta dapat diimplementasikan secara optimal dan berkelanjutan.
(ams)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1854 seconds (10.101#12.26)